Kakankemenag Blora Tanda Tangani MoU Sekolah Siaga Kependudukan

Blora (3/3), Kepala Kankemenag Kab. Blora H. Suhadi tanda tangani MoU Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam rangka mendukung program BKKBN dalam mengatasi fenomena Kependudukan Bonus Demografi melalui pendidikan formal agar terbentuk generasi penerus yang berkualitas.

Acara ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Setda Pemkab Blora, dihadiri Sekda Pemkab Blora, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Dinas Pendidikan Prov Jawa Tengah, narasumber dari SMA 1 Kendal dan beberapa Kepala SMA/SMK/MA se-Kabupaten Blora.

Dalam sambutan kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Blora Nur Hidayat, M.Si, MM menjelaskan bahwa sekolah perlu mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan Keluarga Berencana ke dalam beberapa mata pelajaran atau melalui PIK-R. 

Harapan adanya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ini, dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang kependudukan. Dibantu dengan adanya PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) yang ada di setiap sekolah, dapat memberikan keleluasaan siswa dalam pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Selain melakukan penyuluhan ke beberapa sekolah, petugas melakukan sosisalisasi SSK ke beberapa pondok pesantren. Adapun yang diitunjuk sebagai percontohan SSK ini adalah SMA 2 Cepu, MAN Blora dan SMK 1 Jepon.

Kepala kankemenag Kabupaten Blora, Suhadi menyampaikan bahwa Kemenag turut berperan aktif dalam mensukseskan program Sekolah Siaga Kependudukan sebagai upaya mewujudkan generasi yang berkulitas dan akan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Blora.(NN/Ima)