Kasi PAIS Kan Kemenag Wonosobo Serahkan Juknis dan Kisi Kisi Soal Ujian Sekolah Mapel PAI

Wonosobo (Humas) – Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kabupaten Wonosobo serahkan Jukis dan kisi-kisi soal Ujian Sekolah tingkat SD, SMP dan SMA/K kepada Kabid Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Mutu Disdikpora Kabupaten Wonosobo. Penyerahan kisi-kisi tersebut diserahkan pada saat akhir kegiatan Rakor Pengawas PAI terkait Persiapan Ujian Sekolah yang berlangsung di Aula Kan Kemenag Wonosobo, Selasa (9/3) tadi.

Fakih Khusni, Selaku Kasi PAIS Kan Kemenag Wonosobo mengatakan, penyerahan Juknis dan kisi-kisi tersebut selanjutnya agar bisa digunakan sebagai pedoman penyusunan soal ujian Sekolah mapel PAI.

“Juknis dan Kisi-kisi sudah kami sampaikan ke Disdikpora Kabupaten Wonosobo melalui Kabid Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian mutu, yang selanjutnya nanti akan disusun soal Ujian Sekolah Mapel PAI,” ungkap Fakih Khusni.

Pihaknya menambahkan, Petunjuk Teknis tersebut dapat menjadi alat bantu bagi Guru PAI dalam menyusun Soal Ujian Sekolah Mapel PAI. “Juknis ini diharap dapat menjadi alat bantu bagi Guru PAI untuk menyusun soal ujian Sekolah Mapel PAI, seperti yang tertian dalam Keputusan Dirjen Pendis Nomor 631 Tahun 2021,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Mutu Disdikpora Kabupaten Wonosobo, Slamet Faizi, saat mengisi kegiatan Rakor Persiapan Ujian Sekolah menegaskan bahwa Asesment Nasional bukan pengganti Ujian Nasional.

“Asesmen Nasional merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian besar yaitu Asesmen Kompetensi minimum, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Perlu digarisbawahi bahwa asesmen nasional bukan pengganti ujian nasional,” tandas Slamet Faizi.

Selanjutnya saat ditemui dilokasi berbeda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo Ahmad Farid, yang berhalangan hadir lantaran tengah mendampingi Tim Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah di desa Toleransi mengatakan, penyusunan Soal Ujian Sekolah Mapel PAI agar dilakukan sesuai Juknis.

“Setelah Juknis sampai ke Disdikpora Kabupaten Wonosobo, saya harap bisa segera disusun Soal untuk Ujian Sekolah Mapel PAI dengan dibantu oleh MGMP Sekolah. Penyusunan Soal diharapkan sesuai dengan Juknis yang ada,” ungkap Ahmad Farid. PS-WS/qq