Kemenag Adakan Pengambilan Foto Paspor 8 Orang Calhaj Pengganti

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mengadakan pengambilan foto paspor calon haji di aula PLHUT Kemenag Rembang pada Kamis (25/3/2021).

Pengambilan foto ini dilakukan oleh petugas Imigrasi Pati. Ada delapan calon haji yang diambil foto. Mereka adalah Liyana (Lasem), Robiyatun (Pancur), Latifudin Afif (Lasem), Ahmad Dasmuri (Kragan), Novita (Rembang), Karomah (Sedan) dan A Rifai (Lasem).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Rembang, Zuhri mengatakan, Dasmuri warga Kragan sudah mempunyai paspor namun sudah kadaluarsa. Sehingga perlu pembaruan paspor lagi. Sementara ketujuh orang lainnya merupakan calon haji berangkat dari calon haji asli yang sudah meninggal dunia yang sedianya berangkat tahun 2020.

Zuhri mengatakan, pengambilan foto di PLHUT ini merupakan inisiatif agar pelayanan terhadap calon haji dilakukan di lingkungan Kantor Kemenag Rembang.

 “Ke depan kami akan mengambil foto semua calon haji agar dilakukan di kantor PLHUT saja, bukan di kantor Imigrasi. Ini untuk efisiensi waktu dan biaya, ”ungkap Zuhri.

Disebutkan Zuhri, jumlah calon haji yang sudah melakukan pelunasan dan sedianya berangkat pada tahun lalu sebanyak 742 orang. 15 orang di meninggal dunia. Dari 15 orang ini, 7 orang di antaranya telah dilimpahkan porsi haji kepada ahli warisnya. iq