Kemenag Siapkan Paspor 6 Calhaj dari Pelimpahan Porsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mengadakan pembekalan terhadap enam orang dari pelimpahan porsi  calon haji yang meninggal yang sedianya berangkat pada tahun 2020 lalu.

Pembekalan tersebut diadakan pada Jumat (19/3/2021) di gedung PLHUT Kemenag Rembang oleh Kasi PHU, H. Zuhri. Pembekalan ini utamanya terkait persiapan paspor sebagai salah satu syarat utama pemberangkatan haji.

Zuhri mengatakan, keenam orang tersebut sudah melengkapi persyaratan pelimpahan porsi haji. Setelah diadakan pembekalan, keenam calon haji tersebut mengikuti pengambilan foto paspor di PLHUT.

Zuhri mengatakan, pengambilan foto untuk calhaj haji dari pelimpahan porsi ini cukup dilakukan di kantor PLHUT. Pada pekan depan, foto bersama berkas lain akan dibawa ke Kantor Imigrasi Pati untuk diadakan pengurusan paspor.

“Ke depan kami akan mengusulkan pengambilan foto semua calon haji agar dilakukan di kantor PLHUT saja, bukan di kantor Imigrasi. Ini untuk efisiensi waktu dan biaya,” ungkap Zuhri.

Disebutkan Zuhri, jumlah calon haji yang sudah melakukan pelunasan dan sedianya berangkat pada tahun lalu sebanyak 742 orang. 15 orang di antaranya meninggal dunia. Dari 15 orang ini, 6 di antaranya telah dilimpahkan porsi haji kepada ahli warisnya.

Hingga saat ini, Zuhri belum bisa memastikan ada pemberangkatan haji pada tahun ini. “Belum ada keputusan dari pemerintah pusat. Kalaupun ada pemberangkatan mungkin ada pembatasan kuota,” ujarnya. — iq