Kepala Kankemenag Kab. Wonosobo Hadiri Rakor Bidang Keagamaan

Wonosobo – Bertempat di Pendopo Wakil Bupati Kabupaten Wonosobo, pada Senin (15/3) tadi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kab. Wonosobo hadiri rapat koordinasi (Rakor) Bidang Keagamaan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo.

Hadir dalam Rakor tersebut yakni Muspida Kab. Wonosobo, diantaranya yakni Wakil Bupati Kab. Wonosobo, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Biro Kesra Setda Kab. Wonosobo, Kabag Kesra Kabupaten Wonosobo, Pengadilan Agama dan Undangan lainnya.

Wakil Bupati Kab. Wonosobo, Muhammad Albar, dalam sambutan mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mensinkronkan kegiatan dibidang keagamaan yang melibatkan pemerintah Kabupaten seperti kegiatan MTQ, STQ, MQk, penyelenggaraan ibadah haji, pelaksanaan Pospenas dan pramuka santri.

“Salah satu visi dari pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati periode ini diantaranya yakni menciptakan Kab. Wonosobo sebagai Kabupaten Religius, dengan adanya rakor ini diharap terjalin sinergi lintas sektoral dalam mewujudkan Kabupaten Wonosobo berbasis religious melalui berbagai kegiatan keagamaan,” ungkap Wakil Bupati.

Selain itu dengan rakor ini diharapkan dapat mengakuratkan data bidang keagamaan seperti data rumah ibadah, termasuk juga data Tahfidz Al-Qur’an di Kab. Wonosobo.

Sementara itu, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid dalam kesempatan tersebut mengatakan terkait kebijakan Kemenag dalam pembangunan keagamaan di Kabupaten Wonosobo melalui moderasi beragama.

“Untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Wonosobo mencangkup keseluruhan penganut umat beragama dikabupaten Wonosobo, dapat hidup berdampingan dan harmonis. Kami bersama tokoh agama dan penyuluh agama akan mensosialisasikan secara berkala terkait moderasi beragama,“ jelas Ahmad Farid.

Pihaknya berharap dengan upaya tersebut dapat membantu visi pemerintahan Kabupaten Wonosobo dalam menciptakan Kabupaten religius dan mengedepankan nilai toleransi terhadap sesama. Ps-ws/qq