Kepala Kankemenag Kab. Wonosobo Lakukan Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah Aliyah I’anatul Quran

Wonosobo –  Pelaksanaan ujian Madrasah Aliyah di Kabupaten Wonosobo tahun Pelajaran 2020/2021 sudah memasuki hari kedua Selasa (16/3). Ujian madrasah secara serentak dilakukan mulai hari senin, (15/3) hingga kamis minggu depan.

Selanjutnya guna meninjau progres pelaksanaan ujian madrasah dihari kedua, Selasa (16/3) tadi, Kepala Kankemenag (Kakankemenag) Kab. Wonosobo lakukan monitoring pada MA I’anatul Quran yang terletak di Kecamatan Leksono Kab. Wonosobo. Disela kunjungannya Kakankemenag Ahmad Farid menyampaikan, pelaksanaan ujian harus tetap diawasi dan dipantau pastikan siswa dalam mengerjakan ujian tidak mengalami kendala serius.

“Ujian madrasah berbasis komputer pada MA I’anatul Quran diharapkan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala serius. Dalam pelaksanaan ujian diharap pihak MA tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran virus pada peserta didik,” ungkap Ahmad Farid.

Hal lain pihaknya sampaikan terkait keberhasilan MA I’anatul Quran dalam melaksanakan ujian berbasis komputer akan menjadi representasi Madrasah yang lebih baik. Lebih-lebih MA I’anatul siswanya rata-rata terhubung dengan Ponpes menjadi santri.

“Keberhasilan pondok yang sekaligus memiliki madrasah sebagai lembaga pendidikan setara dengan sekolah formal pada umumnya dalam kaitannya menjalankan ujian maupun pembelajaran akan menjadi citra yang bagus. Itu artinya selain pembelajaran keagamaan siswa juga disiapkan untuk pendidikan umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Mustangin selaku Kepala Madrasah menyampaikan pihaknya beserta jajaran MA akan terus memantau progres pelaksanaan ujian berbasis komputer. Pihaknya mengatakan ada beberapa mata pelajaran yang diujikan mencangkup mata pelajaran keagamaan dan mata pelajaran umum.

“Mata pelajaran umum yang diujikan yaitu mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, ekonomi, fisika, PKN, SKI, penjasorkes, Sejarah, SB, PW, dan Bahasa Jawa. Untuk mapel keagamaan mencangkup Al quran hadist, fiqih, tafsir, bahasa arab, usul fiqih, akidah ahlak, dan hadist,” ungkap Mustangin.

Pihaknya mengatakan ujian dilakukan selama sepuluh hari terhitung per senin 15 Maret 2021 hingga Kamis 25 Maret 2021 mendatang. Ps-ws/qq