Launching Virtual Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Brebes – Setiap tahunnya, Kementerian PANRB secara rutin mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Sampai tahun 2020 terdapat 693 inovasi yang masuk dalam Top 99. Tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengeluarkan surat Nomor: B/37/PP.00.05/2021, tanggal 10 Maret 2021 perihal Undangan launching virtual kompetisi inovasi pelayanan publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada Rabu, 17 Maret 2021 mulai pukul 08.30 hingga selesai, melalui kanal Youtube Kementerian PANRB.

Launching virtual ini mengundang Kementerian Agama sebagai salah satu pesertanya. Dimana Kemenag melalui Sekretariat Jenderal meneruskan surat tersebut kepada Kepala Biro/Pusat Sekretariat Jenderal, Sekretaris Unit Eselon I, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri.

Seperti disampaikan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa, Penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020 telah berhasil terlaksana meski beragam penyesuaian harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Beliau juga menyampaikan bahwa masih banyak hal yang bisa ditingkatkan untuk memaksimalkan penyelenggaraan KIPP tahun 2021 ini.

“Saya yakin dalam pelaksanaan KIPP 2020 pastinya terdapat beberapa kekurangan dan memerlukan rekomendasi perbaikan. Oleh karena itu, kami undang Bapak/Ibu sekalian pada hari ini untuk dapat memberikan saran dan masukan atas penyelenggaraan KIPP 2020 agar menjadi input bagi kami untuk penyelenggaraan KIPP 2021,” ujar Diah Natalisa.

“Kemenag Brebes memiliki inovasi unggulan yang bernama SIPIJOP yang dibuat oleh Kasi PD Pontren. Insyaallah ini akan diikutsertakan dalam kompetisi Inovasi pelayanan Publik dimaksud,“ jelas Fajarin, Kepala Kementerian Agama Kab. Brebes saat mengikuti launching KIPP pagi ini. Pengajuan proposal inovasi dimulai tanggal 18 Maret – 11 Mei 2021.(DA/Sua)