Majelis Taklim Perkuat Akidah Mualaf di Purworejo

Purworejo – Majelis Taklim Al Hidayah merupakan majelis taklim yang beranggotakan para mualaf di kecamatan Purworejo. Majelis taklim yang dibentuk pada akhir Februari ini telah dua kali melaksanakan kegiatannya yaitu pada Kamis (4/3) di desa Donorati dan Senin (8/3) di desa Sidorejo yang disambut antusias baik oleh perangkat desa maupun para mualaf.

Majelis Taklim Al Hidayah dibentuk oleh Kelompok Kerja Penyuluh dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) KUA Kecamatan Purworejo 2. “Kami prihatin belum ada wadah bagi para mualaf untuk memperkuat akidah mereka,” kata Farida Munawwaroh, salah seorang anggota FKPAI.

“Sebetulnya, majelis taklim ini merupakan tindak lanjut kegiatan penguatan akidah yang dilaksanakan pada Kamis (25/2) di aula Pringgitan Kecamatan Purworejo yang turut dihadiri oleh Camat Purworejo, Kepala KUA Purworejo 2, Ketua MUI Kecamatan Purworejo, dan Ketua Pokjaluh Kabupaten Purworejo, serta melibatkan dua puluh tiga orang mualaf dari beberapa desa di Kecamatan Purworejo di antaranya Donorati, Sidorejo, dan Sudimoro,” lanjutnya.

Majelis Taklim Al Hidayah diyakini sebagai wujud sinergitas antara penyuluh agama Islam dengan MUI. Kedua lembaga tersebut memberikan pendampingan secara rutin kepada para mualaf dan memberikan pembinaan utamanya menyangkut tata cara beribadah. “Disinilah peran penyuluh agama Islam dalam merangkul mualaf sangat dibutuhkan, juga termasuk dalam menjalankan fungsi koordinasi lintas sektoral baik di wilayah desa dan juga kecamatan,” pungkas Farida. (ida/sgy/bd)