MAN 3 Cilacap Mantapkan Diri Menuju Madrasah Unggul

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Cilacap- Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 3 Cilacap yang berada di Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap terus memantapkan diri menjadi madrasah unggul. Hal ini dilakukan dengan berbagai terobosan dan inovasi yang terus dilakukan dalam meningkatkan mutu dan orientasi terhadap prestasi.

Kepala MAN 3 Cilacap, Mahmudin mengatakan bahwa MAN 3 Cilacap saat ini punya 3 program unggulan yaitu : Madrasah Riset, Program Leader Class dan Boarding School. “Kami yakin akan lahir calon pemimpin dari program Leader Class. Dan melalui Keputusan Dirjen Pendis No. 6757 alhamdulillah MAN 3 Cilacap yang juga sudah ditetapkan menjadi madrasah riset, sementara boarding school merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat khususnya orangtua siswa,”  kata Mahmudin.

Program unggulan yang diusung MAN 3 Cilacap ini tentu menjadi sebuah amanah besar yang tidak mudah sekaligus menjadi sebuah tantangan untuk terus maju dan berinovasi memajukan madrasah. “Segenap civitas akademika menyambut baik program ini. Sebagai Madrasah Unggul diharapkan memiliki dan mengembangkan keunggulan. Kedepan, kami akan berusaha terus mencari terobosan baru untuk berinovasi. Mencari keunggulan-keunggulan pada madrasah dan potensi anak didik kami dan senantiasa mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat, melahirkan generasi pintar, berkarakter,”  ungkap Mahmudin optimis.

Menurut Mahmudin program Beasiswa Leader Class merupakan Program unggulan MAN 3 Cilacap  dalam turut menyiapkan pemimpin yang cerdas dan berintegritas.  Menurutnya dunia pendidikan harus ikut hadir menyelamatkan generasi emas dan menyiapkan calon pemimpin abad 21,  dan untuk inilah program Beasiswa Leader Class  dibuat yang peresmiannya dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah, Jumat (19/3).

MAN 3 Cilacap membuka kelas calon pemimpin dengan beasiswa gratis seluruh biaya pendidikan dan di asramakan (full study – boarding school) bersumber dari anggaran stake holder madrasah termasuk sumbangan masyarakat melalui komite, para donator, pengusaha sukses dan ZISWAF guru dan pegawai MAN 3 Cilacap. “Program ini merupakan terobosan baru untuk mendekontruksi sekolah mahal yang selama ini hanya mampu di akses oleh orang tua berduit, jangan sampai ada dikotomi pendidikan, semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang baik dan terjangkau, ” tegas Mahmudin.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah,  Mustai’n Ahmad dalam sambutan peresmian program mengatakan  sekarang ini madrasah mengalami perkembangan yang sangat pesat dibanding kondisi beberapa tahun yang lalu”. “Rasanya seperti mimpi di siang bolong. Hal ini tidak lepas dari penguatan 5 Budaya Kerja di lingkungan Kementerian Agama,” imbuhnya.

Mustain juga mengajak kepada siswa siswi hebat, berbakat, punya keinginan kuat, menjadi lebih maju, dan ingin menjadi pemimpin masa depan dari MTs dan SMP untuk melanjutkan pendidikan di MAN 3 Cilacap yang sudah terbukti prestasinya. “Di sini akan dididik keterampilan, ilmu, akhlaq, dan mental karakternya untuk menjadi orang hebat, bermartabat, dan mendunia,” ajak Mustain. (Meip)