Mitra Kemenag, KBIHU Perlu Selaraskan Visi Misi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah menyelenggarakan monitoring ke sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU) terkait manajemen dan pengelolaan lembaga, Rabu (31/3).

Melalui monitoring ini Kemenag melakukan pemantauan dan pengamatan secara langsung, bagaimana sistem manajemen dan pengelolaan bimbingan jamaah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Sebagai mitra Kemenag, KBIHU perlu menyelaraskan visi misi guna terselenggaranya pelayanan yang terbaik kepada semua calon jamaah haji dan umrah.

Disampaikan Kakankemenag, H. Mahrus keberadaan KBIHU ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jamaah haji dan umrah, dari persiapan berangkat ke tanah suci sampai dengan kepulangan ke tanah air.

“KBIHU sangat membantu kami dalam hal pembekalan jemaah haji, kaitannya dengan manasik haji dan umrah. Mengingat kondisi pandemi ini kami perlu mamastikan pembinaan dilaksanakan secara terencana, terstruktur, terukur, terpadu sesuai standar pembinaan dan kesehatan,” terang Mahrus.

Terkait kepastian keberangkatan jamaah calon haji tahun ini memang belum ada kabar baik, namun demikian Kemenag Kendal telah mempersiapkan berbagai upaya antisipasi apabila Pemerintah Arab Saudi mengijinkan pelaksanaan ibadah haji Indonesia kembali dibuka. Persiapan tersebut mulai dari pendataan paspor jamaah dan pemberian vaksinasi bagi jamaah calon haji yang bakal berangkat.

Sementara Kasi PHU, Nur Qoidah menekankan KBIHU untuk memberikan pemahaman kepada jamaah terkait kepastian keberangkatan. Hal ini guna meluruskan informasi supaya tidak menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat.

“Kami masih menunggu keputusan keberangkatan jamaah haji tahun ini, kami harap informasi ini dapat disampaikan dan dijelaskan kepada jemaah calon haji. Terkait teknis pelaksanaan bimbingan kami juga meminta KBIHU memperhatikan aspek kesehatan dan penerapan protokol kesehatan,” pintanya.

Dijadwalkan untuk hari ini Kemenag melaksanakan monitoring di dua tempat, yakni di KBIHU Arofah Kaliwungu dan KBIHU At Toyyibah Gemuh. (bel/rf)