Pahamkan E-Learning, Madrasah Gelar IHT

Purbalingga – Bertempat di salah satu ruang MI Muhammadiyah Tetel Kecamatan Pengadegan – Purbalingga menggelar kegiatan In House Training (IHT). Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti oleh seluruh guru di madrasah tersebut.

Kepala MIM Tetel Ushriyah dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan yang digelar secara mandiri tersebut dilaksanakan Sabtu (27/2/2021) lalu.

“Kegiatan ini bertujuan agar guru memahami pembelajaran berbasis informasi teknologi (IT) yang disebut e-learning terutama dalam mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemic covid-19 ini,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya e-learning tersebut guru semakin kreatif dalam menyusun dan menyampaikan materi pembelajaran, sehingga anak-anak peserta didik semakin semangat dalam belajar meskipun tidak berhadapan langsung dengan guru-gurunya.

Ushriyah menambahkan, narasumber dalam kegiatan tersebut aadalah Prian Setiono dan Nisa Cahyanti guru dan operator di madrasahnya.

“Keduanya telah mengikuti kegiatan Sosialisasi E-Learning di tingkat kecamatan Pengadegan dengan narasumber Tim Sosialisasi E-Learning Kankemenag Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Menurutnya, pada kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 waktu setempat tersebut materi e-learning yang disampaikan adalah pengelolaan kelas online.

“Intinya, bagaimana para guru mengelola kelas online dengan semenarik dan sebaik mungkin,” tambahnya.

Salah satu narasumber tim Kankemenag Purbalingga Puji Haryono dalam keterangannya secara terpisah Senin (1/3/2021) menjelaskan, e-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkan di jaringan komputer proses pembelajaran memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk program berbasis web. Sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet.

Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadikan proses pembelajaran lebih interaktif. Sistem e-learning ini juga tidak memiliki batasan akses, sehingga memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih banyak waktu.

Sebelumnya Tim Seksi Pendidikan Madrasah melakukan sosialisasi E-Learning untuk wilayah kecamatan Pengadegan yang bertempat di komplek BA Aisyiyah Pengadegan, Rabu (24/2/2021) lalu.  Kegiatan dihadiri Tim Kabupaten Arif Rahmat, Pengawas Madrasah Sanir, Ketua K3MI Kabupaten Purbalingga Akbar Yuli Setianto dan Sekretaris Arif Kusworo serta peserta kegiatan yang terdiri dari para Kepala MI, Operator madrasah dan perwakilan guru dari tiap madrasah yang ada di kecamatan tersebut. (laely/sar/bd)