Pembentukan Embrio FK-APHI Kabupaten Banyumas

Purwokerto-Melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kab. Banyumas fasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI). Hal ini dilakukan menindaklanjuti surat dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng Nomor: 02.043/Kw.11.5/2/HJ.02/03/2021 tertanggal 2 Maret 2021 perihal pembentukan pengurus FKAPHI Tk. Kabupaten. Kegiatan rakor dan sosialisasi pembentukan yang dilakukan melalui zoom meeting ini membahas formatir calon pengurus yang diikuti oleh para alumni TPHI, TPHD, TKHI dan PPIH yang dilaksanakan hari Selasa (17/3/21).

Dalam penyampaiannya H. Akhsin Aedi selaku Kepala Kankemenag mengatakan bahwa agenda ini kali adalah menyusun formatir terlebih dahulu. Dan ini merupakan forum tingkat Kabupaten maka nantinya juga calon pengurus adalah orang yang pernah bertugas haji di Kab. Banyumas. Secara umum aktifitas sosial keagamaan sangatlah menyentuh kebutuhan rakyat banyak, seperti kegiatan manasik haji setiap saat setiap tahun adalah bagian dari tugas mulia dalam konteks ibadah.

“Dasar ini pula pamerintah dalam hal ini Kemenag membentuk FKAPHI, agar bisa memberikan pemahaman, pengertian dan informasi resmi kepada jemaah haji,” jelasnya

Sedangkan Kasi PHU H. Hendro menyampaikan nantinya FKAPHI harus menjadi organisasi yang tangguh, kompak, turut serta memberikan program bimbingan manasik haji sepanjang tahun, sosial sekaligus sebagai wujud pengabdian bagi umat bangsa dan negara. Semoga Ketua yang terpilih nanti, bisa kerja. bener, pinter, seger, kober, banter. Bener (benar) dalam aktifitasnya baik agama maupun hukum negara. Pinter (pintar) dalam memimpin dan mengelola organisasi. Seger (Sehat), selalu menjaga kondisi untuk selalu fit/menjaga kesehatan. Kober (Sempat), selalu menyempatkan/ meluangkan waktu untuk organisasi. Dan Banter (cepat), cepat dalam merealisasikan program-program bersama.

“Lima hal ini harus memadu, dan mudah mudahan FKAPHI Kab. Banyumas menjadi panutan Kabupaten lainnya,” katanya.

FKAPHI Daerah Banyumas dibentuk untuk melaksanakan arah, tujuan, visi misi sesuai AD/ART FK APHI, mewujudkan alumni petugas haji yg memiliki dedikasi, loyalitas, komitmen dalam pembinaan, pelayanan, perlindungan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah haji (mdr/rf).