Pengimbasan Satuan Pendidikan Ramah Anak MIN 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal(Slawi) – Sebanyak lima belas guru MIN 3 Tegal melakukan study banding ke MIN 1 Tegal dalam rangka menimba ilmu tentang Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA)  dan Sekolah Adiwiyata  pada Jumat(26/3) pagi kemarin.

Dengan menggunakan dua mobil minibus rombongan dari MIN 3 Tegal langsung disambut hangat di halaman  madrasah oleh Kepala dan guru MIN 1 Tegal yang berlokasi di Desa Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.  

Walaupun lokasinya jauh dari Ibukota Kabupaten, namun MIN 1 Tegal mempunyai prestasi yang gemilang dengan meraih Satuan Pendidikan Ramah Anak dan Sekolah Adiwiyata terbaik tingkat provinsi Jawa Tengah.

Dengan mengambil judul Pengimbasan Sekolah Ramah Anak oleh MIN 1 Tegal Kepada MIN 3 Tegal, Kepala MIN 1 Tegal, Alfiyah memberikan keterangan secara langsung apa dan bagaimana mereka bisa meraih prestasi gemilang dalam mewujudkan satuan pendidikan ramah anak. Wanita yang murah senyum ini menjelaskan kiat-kiat agar madrasah bisa menjadi hebat dan bermartabat sesuai dengan moto kementerian agama.

“Saya yakin MIN 3 Tegal bisa menerapkan sekolah ramah anak, walaupun dengan kondisi dan lingkungan yang kurang memadai, tinggal nanti penataan yang baik insya Allah bisa,” ujar Alfiyah .

“Karena memang dari sisi ramah anak tidak dilihat dari luasnya tanah, sekali lagi tidak melihat luasnya tanah, tetapi dari sisi penataan ruangan bagaimana sarana dan prasarana yang menunjang ramah anak,” lanjut Alfiyah.

Para guru juga diajak berkeliling melihat bagaimana penataan ruangan dalam kelas, taman, dan sarana lain yang menunjang satuan pendidikan ramah anak. Di pandu oleh beberapa guru mereka tampak antusias menerima penjelasan dari guru MIN 1 Tegal bagaimana sarana dan prasarana itu dibuat dan juga pendanaannya.(gus27)