Pengurus Cabang APRI Dikukuhkan Oleh Kakankemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga—Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) kota Salatiga masa bhakti 2021-2024  resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman, Selasa (16/3).

Pengukuhan yang berlangsung di Aula RM Banyu Mili Kab. Semarang ini diikuti oleh 8 Pengurus APRI Kota Salatiga dan dihadiri oleh  Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kasi Bimas Islam Kemenag kota Salatiga, Kabid Urais Provinsi Jateng, Humas, dan Pegawai KUA se kota Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman dalam sambutannya usai mengukuhkan Pengurus Cabang (PC) APRI Kota Salatiga menyampaikan apresiasi kegiatan pengukuhan APRI ini.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus , semoga menjadi sarana melaksanakan tugas penghulu yang lebih baik dimasa-masa mendatang. Saya berharap ada optimalisasi peran penghulu terkait peningkatan kinerja dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat semakin baik,” ujarnya

Saya berharap dengan dikukuhkan pengurus APRI memberikan manfaat dan kemajuan serta peningkatan profesi APRI Kota Salatiga.

“Sukses tidaknya program APRI Kota Salatiga berada di tangan seluruh pengurus dan dukungan seluruh anggota. Mari Kita bekerja sama,” ajak Taufiq

“Kepada Pengurus silahkan segera menyusun program kerja , dan menindak lanjuti serta melaksanakan  program APRI Pusat. Semoga keberadaan APRI dapat dirasakan manfaatnya oleh pengurus dan anggotanya,” kata Taufiq.

Selanjutnya Kabid Urais Kanwil Kemenag Provinsi Jateng, H. M. Arifin  dalam sambutannya mengatakan dasar hukum pembentukan APRI  berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA)  nomer 7 tahun 2020 tentang Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional (JF) dan sesuai Peraturan Menpan-RB nomor 9 tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu. Maka Kemenag sebagai instansi Pembina menfasilitasi pembentukan organisasi profesi penghulu dan pengukuhkannya.

“Organisasi profesi adalah wadah berkumpul dan berserikat bagi para pejabat fungsional, maka dalam melaksanakan programnya pengurus APRI tetap melakukan koordinasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dan Kepala Seksi Bimas Islam. Selamat kepada para pengurus yang terpilih semoga dapat menjalankan tugas dengan baik,”harapnya. “ kata Arifin.

Tujuan dibentuknya APRI ini adalah untuk membina dan mengembangkan kompetensi penghulu agar beritegritas, menjalin persatuan dan kesatuan sesama penghulu serta sebagai wadah bagi penghulu dalam menyampaikan dan memperjuangkan apresiasinya.

“Dengan adanya APRI ini, kompetensi dan integritas penghulu bisa semakin berkembang sehingga membawa dampak signifikan dan menjaga nama baik marwah Kantor kementerian agama,” ujarnya.

Adapun susunan Pengurus APRI Kota Salatiga masa bhakti 2021-2024  adalah Pembina Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dan Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Salatiga; Ketua : H. Assa Abdurridha Safriyanta, Sekretaris : Ahmad Mustahal   Bendahara : H. Imam Talmisani. (Khusnul/Fitri).