Penilaian Kinerja Kepala Madrasah untuk Peningkatan Mutu Manajemen dan Tata Kelola

Kota Magelang – Kinerja Kepala Madrasah dilakukan penilaian sebagai evaluasi dalam pelaksanaan manajemen dan  tata kelola Madrasah, sejauh ini madrasah melaksanakan pembelajaran dengan daring tetapi administrasi pembelajaran dan administrasi lainnya masih dilaksanakan di madrasah. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur saat memberikan sambutan pada penilaian kinerja kepala madrasah kota Magelang, Kamis (25/03).

“Evaluasi kinerja adalah kebutuhan untuk menilai sejauh mana kualitas yang telah dilaksanakan” kata Sofia Nur

Madrasah sampai saat ini menjadi favorit di wilayah kota Magelang terbukti dalam penerimaan peserta Didik baru selalu tidak bisa menampung karena kapasitas ruangan kelas. Selain itu pendidikan yang dilaksanakan juga telah banyak meraih prestasi. Madrasah kota Magelang juga aktif di media sosial untuk menyampaikan publikasi dari pelaksanaan kegiatan madrasah.

“Madrasah kota Magelang merupakan madrasah yang mampu menjadi bagian mengangkat prestasi madrasah bermartabat” jelas Sofia

Penilaian kinerja kepala madrasah kota Magelang dilaksanakan di aula Madrasah Aliyah Negeri Payaman dan di ikuti oleh komite, guru, tenaga administrasi , Kasi penma, Kasi PTK  Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Siti Mutmainah dan JFU.

Dalam sambutannya Siti Mutmainah menyampaikan penilaian kinerja kepala madrasah adalah untuk mengevaluasi kinerja selama empat tahun bertugas, ini sesuai dengan PMA 58 tahun 2008 tentang penilaian kepala madrasah, administrasi dan data yang telah dilaksanakan dari pertama Kepala MAN Kota Magelang Joko Susilo menjabat dari MAN 2 Tegal Rejo Magelang dan dilanjutkan ke MAN kota Magelang. Kami bersama tim akan melaksanakan sesuai dengan peraturan tersebut. Terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag kota Magelang yang telah mendampingi penilaian yang dilaksanakan hari ini.

Kepala Madrasah Joko Susilo siap melaksanakan instruksi sesuai dengan prosedur ketentuan yang berlaku. Untuk itu kami siapkan administrasi, data sebagai daya dukung penilaian.

Harapan dengan penilaian kinerja kepala madrasah akan dapat menjadi pemecut semangat Madrasah dan juga sebagai peningkatan kualitas mutu Madrasah. (Wahono)