Peningkatan Kualitas Pendidikan Salafiyah

Kota Magelang – Kualitas pendidikan menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas lulusan santri di pondok pesantren. Pendidikan non formal ikut berpartisipasi dalam Ujian Nasional sebagai penyelenggara ujian sekolah untuk semua mata pelajaran, baik mata pelajaran agama maupun mata pelajaran umum. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Sofia Nur, saat monitoring ujian kesetaraan Ulya pondok pesantren tidar, Senin, (01/03)

“Pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren ini berguna untuk meningkatkan kualitas lulusan santri,” kata Sofia Nur.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, satuan pendidikan diberikan keleluasaan dalam proses ujian melalui Ujian Sekolah. Maka semua satuan Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah dapat menyelenggarakan proses Ujian Sekolah untuk mengukur kompetensi lulusan setiap santri sebagai peserta didik. Ujian akhir pendidikan kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah untuk semua jenjang (Ula, Wustha dan Ulya). Agar Ujian Sekolah dimaksud dapat terlaksana dengan baik dan efektif, maka Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan Petunjuk Teknis Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah tahun 2021, untuk dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah di setiap satuan pendidikan maupun pemangku kebijakan.

“Untuk mengukur lulusan santri di pondok pesantren, dan¬†evaluasi pembelajaran, maka¬†dilaksanakan ujian kesetaraan Ulya,” jelas Sofia Nur.

Pelaksanaan monitoring ujian di laksanakan di pondok pesantren Tidar, Tidar Dudan, RT 01/RW 10 kota Magelang. Ikut hadir dalam monitoring tersebut kasi pakis dan JFU Kantor Kementerian Agama Kota Magelang.

Tujuan pelaksanaan ujian Ulya adalah meningkatkan mutu pendidikan melalui standar penilaian hasil belajar dan memberikan kemerdekaan belajar dalam menilai hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan secara optimal bagi pendidik dalam bentuk penyelenggaraan ujian sekolah.

Harapan kedepan dengan ujian kesetaraan pondok pesantren Ulya dapat meningkatkan kualitas pondok pesantren dan pendidikan keagamaan Islam di kota Magelang.(Wahono/Sua)