Pentingnya Peran Pengawas Sekolah Dalam Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran – Pengawas Sekolah Dasar (SD) diminta menjalankan tugas dan fungsi kepengawasan dengan baik agar mutu dan derajat pendidikan di tingkat dasar dapat terjamin. Demikian disampaikan Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, usai melantik dan mengambil sumpah jabatan Pengawas Sekolah Dasar di Lingkungan Dinas pendidikan Kebudayaan dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Kamis, (18/3) pagi.

Dikatakan Bupati, bahwa komitmen para pengawas sekolah dasar sangatlah penting dalam upaya menjaga mutu penyelenggaraan pendidikan, yang dalam hal ini meliputi pengawasan manajerial dan pengawasan akademik.

“Pendidikan di tingkat dasar itu penting karena menjadi titik awal sebuah pembelajaran dan pengalaman yang berharga. Karenanya, fungsi pengawas pendidikan menjadi sangat strategis dalam hal ini,” imbuh Ngesti Nugraha.

Menyinggung tentang rencana pembelajaran tatap muka di masa pandemi, Bupati meminta kepada para pengawas untuk memperketat pemantauan terkait penerapan protokol kesehatan di sekolah.

“Jadi, pengawas harus bisa menempatkan diri sebagai ketua satgas penanganan Covid-19 di sekolah masing-masing. Sudah sesuai apa belum penerapan prokesnya. Sudah lengkap apa belum sarana prasarananya dan lainnya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, bertugas sebagai rohaniwan sekaligus pemimpin doa, Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Harun Al Rosyid.(shl/Sua).