Salah Satu Indikator ASN Berkinerja Baik adalah Bahagia  

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Bahagia merupakan suatu kondisi emosi dimana seseorang atau individu berada dalam kesenangan sejati. Kesenangan sejati dapat ditengarai dengan beberapa ciri salah satunya yaitu ketika seseorang merasakan kesenangan tersebut atau dapat menikmati rasa tersebut dimana saja dan kapan saja. Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kab. Wonosobo saat memberikan pembekalan dan bimbingan rohani Islam kepada ASN Kankemenag Kab. Wonosobo pada Senin(22/3).

Kakankemenag Kab. Wonosobo Ahmad Farid beberkan, bahagia atau kesenangan sejati dapat diraih dengan taat beragama, integritas, profesional, tanggung jawab, dan keteladanan. Ahmad Farid menyambahkan, dengan adanya aktualisasi dekat dengan sang Pencipta diharap ASN akan bekerja sesuai dengan sumpah pegawai “kadar kebahagiaan setiap individu itu berbeda-beda, namun ada beberapa cara untuk meraih kebahagiaan diantaranya dengan taat beragama, optimis, bekerja secara maksimal dan yang paling penting diterapkan selanjutnya adalah mencintai pekerjaannya.”ungkap Kakankemenag.

Selain itu, ada hal yang perlu diperhatikan lebih-lebih ASN merupakan pelaksana reformasi birokrasi di Indonesia, ASN dianggap memiliki peran penting dalam wujudkan reformasi birokrasi di Indonesia. Oleh sebab itu selain menciptakan suasana bahagia melalui beberapa cara tersebut, ASN juga harus mampu menjalin hubungan baik antara sesama ASN maupun lintas sektor.

“Peran strategis ASN sebagai pelaksana reformasi birokrasi di Indonesia menuntut ASN untuk tidak hanya melibatkan perubahan perilaku tetapi juga menyangkut pengambilan-pengambilan keputusan secara profesional yang berdampak pada terlaksananya seluruh program kerja. Dibutuhkan hubungan baik untuk mendukung pelaksanaan program kerja, baik linas sektor maupun sesama ASN,” tandasnya.

Diakhir pembinaannya Ahmad Farid menyebutkan, pembinaan rohani secara berkala setiap hari Senin bagi ASN Lingkungan Kankemenag Kab. Wonosobo diharapkan mampu memberi pemahaman tentang ajaran Agama Islam dan dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dikantor dengan tetap menerapkan nilai kedisiplinan, meningkatkan etos kerja dan penerapan Lima Nilai Budaya Kerja Kemenag.

Acara dilanjutkan dengan ngaji bareng ASN Kankemenag Kab. Wonosobo yang tengah menjadi trend bagi ASN Kankemenag Kab. Wonosobo untuk sempurnakan bacaan Al Quran dengan mendatangkan ustadzah yang merupakan Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kecamatan Garung. Ps-ws/qq