Sambut Ramadan Kua Pecalungan Gelar Rapat Kordinasi

Batang – Menjelang bulan ramadhan KUA Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Kasi Pelayanan se kecamatan Pecalungan, para Penyuluh Agama Islam dan pengurus harian Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk pembahasan kegiatan ibadah selama bulan ramadhan, di rumah Ketua MUI Kec. Pecalungan pada Kamis, (25/03) .

Kepala KUA Kecamatan Pecalungan H. Zahid Lutfi dalam keterangannya menyampaikan bahwa menjelang Ramadan pihaknya telah mempersiapkan rangkaian kegiatan .

“ Karena bulan puasa tahun ini masih dalam suasana pandemi, maka perlu diambil langkah bersama untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang berkaitan dengan penerapan protocol kesehatan selama kegiatan itu, sambil menunggu surat edaran resmi dan Kementerian Agama R.I,” kata Zahid Luthfi.

Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk mengisi bulan suci Ramadan tetap akan dilaksanakan kegiatan tadarus alquran setiap pagi sebelum memulai aktifitas pekerjaan dan kegiatan penunjang lainya, adapun jadwal kegiatannya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“ Saya berharap ditahun ini tetap ada kegiatan tadarus Al Quran seperti tahun-tahun lalu, namun pelaksananaanya diperhatikan dengan tetap memakai protocol kesehatan dan jadwalnya untuk disesuaikan ,“ lanjutnya.

Ketua MUI Kec. Pecalungan KH.Rozikin dalam sambutannya, menyampaikan, apresiasinya atas diselenggarakanya rakor jelang ramadhan ini, pihaknya juga berkeinginan meskipun kegiatan di bulan Ramadan tetap berjalan namun aturan dari Pemerintah untuk tetap diperhatikan .

“ Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga negara yang baik, maka pelaksanaan ibadah puasa dan semua kegiatan di bulan suci ramadan harus mengikuti apa yang ditetapkan oleh pemerintah,” katanya .

Menurut Maskur kordinator penyuluh Agam Islam kecamatan Pecalungan, menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan kegiatan Sapa Masjid dalam bentuk safari sholat dzuhur ke beberapa masjid di Kecamatan Pecalungan sekaligus melakukan pengecekan sertifikat tanah wakaf akan dilaksanakan setiap pekan.

“ Jika Pecalungan termasuk zona hijau, maka kegiatan safari sholat dzuhur yang sudah berjalan rutin setiap tahun, akan tetap kami jalankan, sekaligus digunakan sebagai pengecekan sertifikat tanah wakaf tempat ibadah, “ ungkap Maskur .

Sementara itu ketua paguyuban Kasi Pelayanan Kecamatan Pecalungan, Syaikhu, menyampaikan kesiapannya untuk mengikuti ketetapan pemerintah tentang awal puasa.

“Prinsipnya kami akan ikuti aturan ibadah selama bulan Ramadan, apabila nantinya sudah ada edaran resmi dari Menteri Agama RI,” kataya Syaikhu .  ( Maskur/Zy/qq )