Sosialisasi EMIS Versi 4.0

Salatiga — Ikatan Guru RA (IGRA) Kota Salatiga menyelenggarakan sosialisasi EMIS versi terbaru bagi anggotanya, Jum’at (12/03). Kegiatan yang berlangsung di RA  An Nur Soka, Blotongan ini dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah, H. M Miftah, operator EMIS Kankemenag Kota Salatiga Nur Aeni, dan 31 operator RA se Kota Salatiga.  Dalam sambutannya Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Salatiga, Muhammad Miftah menyampaikan pentingnya para pengelola RA memahami Emis 4.0 versi terbaru.  “Era sekarang adalah era digital. Emis terbaru versi 4.0 harus disikapi dengan baik supaya RA tidak tertinggal informasi.  Kita tahu EMIS berhubungan dengan BOP.  Oleh karena itu sebaiknya EMIS segera diselesaikan,” tandasnya.

Lebih lanjut Miftah menambahkan bahwa penanggung jawab kevalidan data EMIS adalah kepala madrasah. Selain itu data EMIS digunakan sebagai acuan dalam menentukan BOS, BOP dan PIP. Dibahas pula pengelolaan data EMIS 4.0 yang meliputi pemindahan data dari akun pendis ke akun baru yaitu http/emis.kemenag.go.id, dan perubahan data terkait madrasah harus ada persetujuan kepala madrasah.

Sementara itu ketua IGRA Salatiga, Titis Setyaningrum menyampaikan terdapat perbedaan antara EMIS versi 4.0 dengan versi sebelumnya. “Terdapat beberapa perbedaan cara mengoperasionalkan EMIS terbaru ini jika dibandingkan dengan EMIS sebelumnya. Untuk itu para operator EMIS perlu kembali mempelajari cara mengoperasionalkan EMIS. Maka IGRA menyelenggarakan sosialisasi hari ini,” jelas Titis lebih lanjut.

Untuk diketahui EMIS atau Education Management Information System merupakan system informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren, dan pendidikan tinggi Islam. (Mudjibah/Titis/Miftah)