Studi Banding Kankemenag Batang ke Kankemenag Kabupaten Brebes

Brebes – Sebanyak 15 orang perwakilan dari Kankemenag Kab. Batang melakukan studi banding ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes pada Kamis, (18/03/21). Selain bertujuan selahturahmi, kedatangan rombongan tersebut untuk melakukan studi banding mengenai pengelolaan zakat pada UPZ Kemenag Kab. Brebes.  

Tim Kemenag Kab. Batang yang mengikuti study banding terdiri dari, M. Aqsho, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Batang, Kasubag Kemenag Kab. Batang, Kasi se-Kemenag Kab. Batang dan 8 staff pendukung lainnya. Rombongan tiba di Kantor Kemenag Kab. Brebes pada pukul 10.30 WIB dengan menempuh jarak 83 Km, ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan via tol. Setibanya di Kantor Kemenag Kab. Brebes, rombongan disambut hangat oleh Fajarin, Kakemenag Kab. Brebes beserta seluruh jajaran struktural lainnya.

Selanjutnya, dalam sambutannya M. Aqsho menyampaikan, bahwa dalam rangka meningkatkan akuntabilitas kinerja pengurus UPZ Kantor Kemenag Kab. Batang kepada masyarakat khususnya para muzaki dilingkungan Kab. Batang, dirasa perlu melakukan study banding dan koordinasi dengan UPZ Kemenag Kabupaten lain. Dan Kemenag Kab. Brebes dinilai memiliki track record yang baik dalam pengelolaan Zakat oleh UPZ.

“UPZ Kemenag Kab. Brebes dalam 1 bulan  memperoleh zakat sebesar Rp 1.000.000.000,- (satu milyar). Penjelasan lebih lanjut akan disampaikan oleh Ketua UPZ, Akrom Jangka Daosat. Dana sejumlah itu diperoleh dari Zakat penghasilan berupa gaji bulanan yang diterima oleh ASN Kankemenag Kab. Brebes. Dalam rangka penyaluran dana Zakat, UPZ Kankemenag Kab Brebes memiliki beberapa program, antara lain Program Kemenag Cerdas. Program ini diberikan kepada siswa-siswi/ Pegawai Kemenag yang dianggap memiliki prestasi. Lalu Program Kemenag Peduli, program ini menyasar pada korban bencana alam, bantuan operasioal/perbaikan sarana dan prasarana, atau bantuan sosial lainnya. Program Kemenag Taqwa, Program Kemenag Sehat, Program Kemenag Makmur, Kegiatan Selasa Bersama,“ jelas Fajarin dalam sambutannya kepada rombongan di Aula Kankemenag Kab. Brebes.

Selain membahas terkait masalah pengelolaan dana UPZ, beberapa ASN Kemenag Kab. Batang juga berdiskusi dan bertukar pendapat untuk meningkatkan kinerja, seperti terkait pengelolaan surat masuk serta terkait tugas dan fungsi humas hingga penulisan berita.(DA/Sua)