081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja, Upz Kankemenag Kab. Wonosobo Lakukan Study Banding

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Kankemeng Kab. Wonosobo lakukan study banding ke UPZ Kankemenag Kab. Boyolali guna meningkatkan akuntabilitas kinerja pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemeng Kab. Wonosobo, tiga pengurus UPZ pada Rabu (17/3). Tiga pengurus UPZ yang hadir yakni Gara Zawa selaku Ketua UPZ, Sekretaris UPZ dan Bendahara. Ketiganya tiba di Kankemenag Kab. Boyolali pada pukul 10.30 wib dengan jarak tempuh dari Kankemenag Kab. Wonosobo selama tiga jam perjalanan. Setibanya tiga Asn Kankemenag Kab. Wonosobo tersebut disambut hangat oleh Kepala Kankemenag (Kakankemenag) Kab. Boyolali yang didampingi oleh Kasubag TU.

“Kedatangan kami diterima oleh Kakankemenag Kab. Boyolali didampingi oleh Kasubag TU serta Gara Zawa dan pengurus UPZ di ruang Kasubag TU,” ungkap Nawawi selaku Ketua UPZ Kankemenag Kab. Wonosobo.

Selanjutnya, dalam sambutannya Nawawi menyampaikan, bahwa untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja pengurus UPZ Kan Kemenag Kab. Wonosobo kepada masyarakat khususnya para muzaki dilingkungan Kab. Wonsoobo, dirasa perlu lakukan study banding dan koordinasi dengan UPZ Kemenag Kabupaten lain. Nawawi menambahkan dipilihnya UPZ Kankemenag Kab. Boyolali dengan alasan kredibilitas dan akuntabilitas sudah terakui baik pelaksanaanya.

“Kami memilih UPZ Kankemenag Kab. Boyolali karena sudah dua kali diperiksa oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Jadi kami bisa ngangsu kaweruh atau belajar dari UPZ Kab. Boyolali,” tandas Nawawi.

Hal lain disampaikan Nawawi terkait UU 23/2011 dan PP 14/2014 tentang pengelolaan zakat disamping audit administrasi keuangan oleh KAP juga audit syar'i. pihaknya juga mengatakan  terkait potensi zakat dilingkungan Kakankemenag Kab. Wonosobo, seluruh penghasilan ASN baik gaji, Tukin, Jaspro dan Tpg dipotong 2,5%.

Sementara itu, dalam sambutannya Kakankemenag Kab. Boyolali Fahrudin,  menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan pengurus UPZ Kankemenag Kab. Wonosobo.

“Saya sampaikan apresiasi yg setinggi tingginya dan terima kasih atas kehadiran pengurus UPZ Kankemenag Kab. Wonosobo. Alhamdulillah UPZ Kankemenag Kab. Boyolali sudah dua kali menjadi titik audit KAP dan yang terahir dilakukan pada 9 maret kemarin,” ungkap Fahrudin.

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut dilanjutkan pemaparkan profil dan rencana program kerja UPZ Kankemenag Kab. Boyolali tahun 2021. Ps-ws/qq