Training of Trainer Robotic MAN 3 Cilacap

Cilacap-Para peminat robotik dewasa ini semakin meningkat, dari kalangan pelajar sampai mahasiswa. Bahkan sekarang banyak diadakan kompetisi robotik sampai tingkat internasional. Menjawab tantangan tersebut, MAN 3 Cilacap mengadakan Training of Trainer (TOT) Robotic bagi guru dan siswa. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai Kamis sampai Sabtu (18-21 Maret 2021), diikuti oleh 14 peserta yang terdiri dari 10 guru dan siswa dari MAN 3 Cilacap serta 4 guru dan siswa SMP undangan.

Kepala MAN 3 Cilacap, Mahmudin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini berdasarkan bahwa MAN 3 Cilacap sebagai salah satu madrasah riset berdasarkan keputusan Dirjen Pendis No. 6757 Tahun 2020, sekaligus untuk menindaklanjuti perintah Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah tentang program sahabat madrasah.

“Kita undang madrasah dan sekolah sahabat supaya ada komunikasi persahabatan antara madrasah dan sekolah. Kita mengundang sekolah-sekolah di sekitar Kroya supaya anak-anak dari SMP ada komunikasi tindak lanjut,” ujarnya.

MAN 3 Cilacap siap jika dijadikan sentral dalam even-even selanjutnya di tingkat provinsi maupun nasional baik itu berupa workshop, TOT maupun lomba-lomba yang terkait dengan robotik. Dengan adanya TOT tersebut diharapkan lahir trainer-trainer muda robotik yang bisa menjadi inspirasi di sekolah masing-masing. Kemudian bisa terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengimplementasikan bagi kehidupan.

Kepala madrasah juga mengucapkan terima kasih kepada tim Racer Robotic, mudah-mudahan bisa bermanfaat dunia akhirat. “Bermanfaat di dunia dengan perkembangkan IPTEK, sains, dan teknologi. Untuk akhirat dengan IPTEK, sains, dan teknologi tentu kegiatan akan menjadi mudah. Misalnya, biasanya masuk waktu sholat dengan bedug dan kentongan; sekarang bisa diganti dengan teknologi, suara adzan bisa berbunyi otomatis dari gawai masing-masing,” imbuh Mahmudin.

Sementara itu Aji Endro Cahyono, trainer Racer Robotic saat diwawancari mengatakan bahwa materi yang diberikan dalam pelatihan ialah tentang pendekatan pembelajaran robotik edukasi teknologi serta robot apa yang bisa dijadikan objek pembelajaran. Dengan demikian output yang diharapkan adalah para peserta nantinya bisa menjadi trainer. Karena masih kondisi pandemi dan juga jarak madrasah dengan perusahaan cukup jauh, maka tim Racer Robotic membuat pioner untuk dijadikan sebagai trainer.

“Metode yang dipakai dalam robotik edukasi bisa juga dikloning oleh pembelajaran lain. Karakter pembelajaran robotik yaitu kolaborasi, kreatif, problem solving. Itu semua bisa diperoleh dalam palform pembelajaran robotik edukasi,” terang Aji.

Pelatihan ini diselenggarakan atas hasil kerjasama antara MAN 3 Cilacap dengan PT Racer Robotic. Mereka merupakan sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2005 dan fokus pada produk robotik edukasi dan sudah dipercaya menyelenggarakan berbagai even lomba robotik tingkat nasional maupun internasional. Perusahaan yang berkantor di Pamulang ini juga merupakan bagian dari International Youth Robotic atau Asosiasi Robotik Internasional.(Qm-meip)