Ujian Madrasah Ukur Capaian Hasil Belajar Peserta Didik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Pandemi tak menyurutkan anak-anak madrasah mengikuti Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021 yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Maret – 10 April 2021. Sebanyak 680 MA, 1.700 MTs dan 4.014 MI di Jawa Tengah siap melaksanakan UM pada TP 2020/2021 dengan peserta MA 58.505, MTs 142.522, dan MI 108.356 siswa-siswi.

Kakanwil Kemenag Prov Jawa Tengah, Musta'in Ahmad menyampaikan bahwa penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah.

“Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan,” kata H. Musta'in.

Sesuai dengan POS yang diterbitkan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI masing-masing madrasah mempunyai kewenangan untuk menentukan bentuk UM sesuai kondisi apakah ujian tulis, ujian praktek, penugasan dan/atau portofolio. Madrasah dapat memilih satu atau beberapa bentuk ujian untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan karakteristik dan aspek yang akan diukur. Madrasah memilih bentuk ujian dengan memperhatikan kondisi siswa dan kemampuan madrasah untuk menyelenggarakannya, terutama dalam kaitannya dengan dampak pandemi Covid-19. Demikian pula dalam menyusun soal dan menentukan jadwal pelaksanaan ujian merupakan kewenangan madrasah masing-masing.

H. A. Saifulloh selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penma) menghimbau kepada satuan pendidikan dalam pelaksanaan UM harus berpedoman pada Pos Penyelenggaraan UM yang telah direlease Dirjen Pendis. Lebih lanjut Kabid Penma menuturkan kriteria sebagai pertimbangan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

“Kriteria kelulusan peserta didik yakni menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti Ujian Madrasah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan,” tutur H. A Saifulloh. 

“Sukses selalu untuk keberlangsungan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan aman, disiplin menerapkan protokol kesehatatan. Semangat dan tangguh dalam menghadapi situasi dan didasari nilai-nilai kejujuran,” imbuhnya.

Semoga pelaksanan UM tahun ini berjalan lancar, Madrasah Kemenag Jateng Majeng mampu menunjukkan bahwa Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat, dan Mendunia. (qq)