Ujian Sekolah PAI Dalam Jaringan, Kakankemenag Laksanakan Monitoring

Salatiga — Memastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H.Taufiqurrahman dan Pengawas PAI H. Wahid Hasim beserta Humas melaksanakan monitoring Ujian Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tingkat Sekolah Menengah Atas di SMAN 1 Salatiga, Senin (29/03). Tim monitoring diterima langsung oleh Kepala SMAN 1 Salatiga, Suyitno di ruang kerjanya didampingi oleh Guru PAI, Jaka Rebawa, Nur Munafiin dan Imam Hanif.

Ujian Sekolah yang diselenggarakan satuan pendidikan menjadi salah satu penentu kelulusan selain penyelesaian pembelajaran di masa pandemi dibuktikan dengan rapor tiap semester dan memperoleh nilai sikap/perilaku baik. Dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tercantum keputusan meniadakan UN dan ujian kesetaraan tersebut berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, SMAN 1 Salatiga menyelenggarakan Ujian Sekolah secara daring atau online.

Soal yang diujikan sejumlah 40 pilihan ganda dan 5 uraian dengan waktu maksimal 60 menit. Siswa dapat mengerjakan Ujian Sekolah melalui link yang sudah dibagikan oleh penanggungjawab ujian. Kakankemenag berkesempatan menyaksikan langsung teknis penyelenggaraan ujian secara online di Ruang Lab SMAN 1 Salatiga yang digunakan untuk memantau jalannya Ujian. Di ruang tersebut,  dapat diperoleh informasi mengenai data siswa yang sudah mengerjakan ujian dan yang belum, sehingga dipastikan semua siswa dapat mengikuti ujian. Terdata ada 308 siswa yang mengikuti Ujian Sekolah PAI di SMAN 1 Salatiga.

Adapun kendala yang dihadapi adalah tidak adanya sinyal karena terdapat daerah yang mengalami pemadaman listrik pada saat jam ujian. “Alhasil siswa harus mengikuti ujian susulan. Namun kendala tersebut bukan menjadi permasalahan berarti karena masih dapat dicarikan solusinya.” Jelas Suyitno.

Kakankemeng pada kesempatan tersebut berharap Ujian Sekolah berjalan dengan lancar dan sukses. “Saya mengapresiasi kerja sama semua pihak yang sudah berusaha menyelenggarakan ujian daring dengan segala perangkatnya dan terima kasih kepada penyusun soal yang membuat soal sesuai dengan kisi-kisi dan  petunjuk dalam Kepdirjen Pendis Nomor 631 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Ujian Sekolah PAI Tahun Ajaran 2020/2021.” Ujar Taufiq. (Humas/Fitri-Khusnul)