Vaksinasi Covid-19, Ikhtiar Tambahan Prokes 5M

Ungaran – Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Sebanyak 84 pegawai di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang menerima vaksinasi Covid-19 ke-1 di GOR Serbaguna Pandanaran Wujil, Selasa, (16/3).

Vaksinasi dilaksanakan dalam tiga sesi, yakni sesi 1 diikuti oleh 26 orang, dimulai pada jam 11.30 – 12.30 WIB; sesi 2 diikuti oleh 29 orang, dimulai pada jam 12.30 – 13.30 WIB dan sesi 3 diikuti oleh 29 orang, dimulai pada jam 13.30-14.30 WIB.

Kakankemenag Kab.Semarang, Nurudin, usai divaksin menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi ini selain sebagai ikhtiar dalam membentuk immunitas tubuh terhadap virus Covid-19 juga sebagai bentuk dukungan program 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas) dalam menekan penularan dan penyebaran virus Covid-19.

“Intinya kita ikhtiar untuk diri pribadi kita agar kebal pada virus Covid-19 disamping untuk memaksimalkan ikhtiar 5M yang sudah kita laksanakan selama ini,” terang Nurudin.

Dalam kesempatan yang sama, Nurudin juga menyampaikan bahwa untuk pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, sudah didata dan dijadwalkan vaksinasi oleh Puskesmas setempat. Karenanya, mereka tidak diikutsertakan dalam kegiatan vaksinasi yang dijadwalkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang.

“Malah sudah ada beberapa yang mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas. Jadi, mereka tidak ikut dalam kegiatan vaksinasi hari ini,” imbuhnya.

Untuk alur pelaksanaan vaksinasi, Nurudin menyampaikan bahwa pihak Dinkes Kab.Semarang telah menyiapkan 4 meja utama. Meja 1 untuk pendaftaran dan penginputan data, meja 2 untuk screening dan pengukuran tensi, meja 3 untuk tindakan vaksinasi dan meja 4 untuk observasi.

“Tetap namanya protokol kesehatan harus terus kita laksanakan meski sudah divaksin. Karenanya jangan sampai kita lengah dan kendor untuk terus melaksanakan 5M dimanapun dan kapanpun,” tegasnya.

Selanjutnya sesuai jadwal, vaksinasi ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2021, di Klinik Grasia Ungaran.(Shl/Sua)