Balai Litbang Agama Semarang Bersama Kemenag Gelar Desiminasi 2 Repositori Online Naskah Keagamaan Madura

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Dalam rangka upaya penyelamatan naskah keagamaan, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama (Balitbang) Semarang bersama Kemenag Kudus mengadakan Desiminasi 2 Repositori Online Naskah Keagamaan Madura bertempat di Hotel @ Home Kudus (29/3/2021). Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 20 orang terdiri dari unsur penyuluh agama islam, pengurus pondok pesantren, Penerbit Buku Menara Kudus, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kudus serta Perpustakaan dan LPPM IAIN Kudus. Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus yang diwakili oleh Kasi Pend.Diniyyah dan Pontren, Sulthon .

Hadir Ka Sub Bag Tata Usaha Balitbang, Darwiyanto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Balitbang Agama Semarang mempunyai tugas utama yaitu melakukan penelitian data yang dibutuhkan di Kemenag dalam rangka Kemenag membuat kebijakan-kebijakan yang berdasar dari hasil penelitian. Untuk itulah Balitbang Agama Semarang melakukan penelitian dan sekaligus pengembangan yang semuanya itu dalam rangka memberikan layanan User kita di wilayah kerja Balitbang Agama Semarang yang meliputi 3 bidang yaitu penelitian bidang agama dan keagamaan, bidang bimas agama dan layanan keagamaan dan bidang lektur khasanah keagamaan dan manajemen organisasi.

Lanjut Darwiyanto “naskah Madura 2 yang akan didisiminasikan hari ini merupakan hasil penelitian naskah yang ada di Madura , juga berhasil diteliti dan digitalisasi. Setelah digitalisasi proses selanjutnya  adalah di Onlinekan yang dinamakan Repositori yang ada di Balitbang Agama Semarang.”ungkapnya.

“Sampai saat ini naskah dari Madura yang telah berhasil dilakukan penelitianya sebanyak 391 naskah. Untuk itu menjadi hal penting bagi Balitbang Agama Semarang dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya. Karena dengan melakukan repository online naskah itu ada 3 manfaat yaitu: dapat menyelamatkan naskah asli karya ulama yang ada di nusantara, dapat memudahkan ases bagi pengguna naskah dan sebagai pengembangan naskah selain naskah yang ada di Madura.” Pungkasnya.

Setelah sambutan dilakukan penyerahan catalog naskah keagamaan Madura  yang diserahkan oleh Ka Sub Bag TU Balitbang Agama Semarang , Darwiyanto kepada Kemenag Kudus yang diwakili Kasi Pend.Diniyyah dan Pontren dan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kudus

Acara dilanjutkan penyampaian materi dari narasumber bidang Lektur Balai Penelitian Agama Semarang, Roch Aris dan Lukluil Maknun. Dilanjutkan seasen Tanya jawab dengan para peserta dan acara ditutup oleh Kepala Balitbang Agama Semarang, Samidi (St.Zul/wwk/bd).