Khamid : Guru Jangan Hanya Pintar Mengajar Tapi Juga Harus Pintar Mendidik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Guru jangan hanya pintar mengajar tapi juga harus pintar mendidik, pesan tersebut disampaikan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Kebumen H. Khamid saat memberikan sambutan  menutup kegiatan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di Wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen di Hotel Mexolie Sabtu (03/04).

Perlu diketahui, pelaksanan PDWK Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di Kabupaten Kebumen tersebut diikuti oleh 40 peserta dan dilaksanakan dengan sistem pelaksanaan menjadi 3 sesi yaitu : In The Job Training I  : Tanggal  22 sampai dengan 27 Maret 2021 (6 hari), On The Job Training  : Tanggal 29 Maret sampai dengan 01 April 2021 (4 hari) dan In The Job Training II : Tanggal 02 dan 03 April 2021 (2 hari).

Menurut Khamid, tugas Guru sangat penting sekali dalam pembangunan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Maka, dalam melaksanankan tugasnya Guru tidak cukup hanya mengajar saja. Menurutnya seiring perkembangan teknologi informasi seperti sekarang, kalau hanya sekedar transver of knowledge yang diartikan sebagai mengajar olehnya, mungkin bisa saja dilakukan melalui media pembelajaran, baik yang berbasis multimedia sperti video pembelajaran yang diunggah di You Tube, E- lerning dan sebagainya. “Tapi menurut pendapat Saya itu belum cukup untuk membekali siswa/siswi di era sekarang,” katanya.

Dikatakannya bahwa benar sekali media pembelaran berbasis multimedia itu sangat penting saat ini, dan mau tidak mau kita harus mengikutinya seiring perkembangan teknologi informasi. Namun tidak kalah penting dan bahkan sangat penting sekali adalah memebekali generasi sekarang dengan nilai – nilai positif guna membentuk pribadi, sikap mental, dan akhlak yang terpuji.

“Untuk itu sekali lagi Saya sampaikan bahwa Guru tidak cukup hanya memberi tahu tentang sebuah pengetahuan/ilmu, tetapi harus juga mengajarkan nilai yang terkandung di dalamnya,” pesannya.

Pada akhir sambutannya Kasubbag TU yang mewakili Kepala Kankemenag mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak Balai Diklat Keagamaan Semarang atas kepercayaan penyelenggaraan PDWK Media Pembelajaran Berbasis Multimedia di Wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Dia berharap kerjasama ini akan berlanjut di masa yang akan datang.(fz/qq).