081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Manfaatkan Siaran Radio Sebagai Media Dakwah Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Penyuluh agama merupakan pendidik yang memberikan pencerahan keagamaan pada umat masyarakat tanpa batas, sebagai bentuk pencerahan,  pendidikan, prinsip dasar penyuluh agama adalah memberikan pengetahuan dengan sasaran yang sangat luas untuk masyarakat.

Berangkat dari hal tersebut, penyuluh Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Antonius Didik Deniarto, menggunakan media radio sebagai media penyuluhan selain melalului media sosial online. “Komunikasi yang dilakukan di radio, seperti halnya di media massa lain, merupakan bentuk komunikasi massa, yang merupakan bentuk komunikasi kepada orang banyak dengan menggunakan media,” jelas Didik.

“Kami melakukan siaran keagaman di RSPD (Radio Siaran Publik Daerah) Kabupaten Klaten, agar program penyuluhan bisa mencakup area yang lebih luas di Klaten dan masyarakat,” ujar Didik di sela rekaman, Selasa (30/3).

Rekaman di ruangan studio RSPD untuk kali ini menjelaskan makna perayaan hari raya Paskah, dan akan ditayangkan Minggu 4 April pukul 16.30-17.00.

“Radio selain sebagai media penyiaran hiburan dan berita tetapi juga dapat berfungsi sebagai media dakwah, ini merupakan media bagi penyuluh agama guna melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai kholifah dan profesionalis seorang penyuluh,” tandas Didik.

Lebih lanjut Didik menyampaikan, siaran radio menjadi salah satu media massa yang sering digunakan untuk penyampaian informasi kepada umat. Pedesaan menjadi salah satu media yang menggunakan radio sebagai sumber informasinya.

“Dakwah melalui radio ini dipandang cocok untuk masyarakat, kami berharap dengan adanya siaran ini, peran negara dalam hal ini Kementerian Agama dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga salah satu misi Kementerian Agama yaitu meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, akan dapat tercapai menuju misi yang lain,” katanya.

Penyuluh yang ada di Kemenag Klaten, secara rutin siaran di RSD sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dengan menyampaikan kepenyuluhan yang sejuk umat pada masyarakat.(dd_aj/Sua)