Meratakan Kualitas Madrasah Dalam Program Sahabat Madrasah

Brebes – Dalam rangka peningkatan dan pemerataan mutu sahabat madrasah, Madrasah Aliyah Al Hikmah 2, Benda, Sirampog didaulat menjadi sahabat Madrasah di Kab Brebes. Melalui Sahabat Madrasah diharapkan madrasah yang sudah maju dapat membina madrasah yang masih berada dibawahnya baik dalam hal akademik, non akademik, sarana maupun SDM.

MA Al Hikmah 2 merupakan salah satu madrasah yang memiliki keunggulan serta prestasi baik tingkat Nasional maupun Internasional. Untuk itu, Madrasah tersebut diminta agar menjadi Madrasah Pembina bagi Madrasah binaan di Brebes, sehingga seluruh madrasah di Brebes dapat maju bersama.

Kepala MA Al Hikmah 2 Benda, Drs Sulkhi M.Pd dan kepala MA As Syamsuriyah, Nafisatul Khoiriyah, S.Hi, melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) terkait Program Madrasah pada Kamis, 1 April 2021 di Aula MA Al Hikmah, Sirampog kemarin. Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Drs. H. A Saifulloh, M.Ag dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, Drs. Fajaris M.Pd, Kasi Pendidikan Madrasah, H. Imam Gozali.

“Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah meluncurkan program Sahabat Madrasah. Program ini bertujuan untuk memeratakan kualitas pendidikan madrasah di wilayah Jawa Tengah. Sehingga Madrasah yang belum maju dalam hal prestasi dapat disambungkan dengan madrasah yang berpretasi melalui sahabat madrasah. Program ini diharapkan menjadi ikhtiar untuk pemerataan kualitas pendidikan madrasah secara gotong royong’ jelas Musta’in Ahmad saat memberikan paparan tentang program sahabat madrasah.

Program “Sahabat Madrasah” diharapkan dapat bersinergi dengan kebersamaan menjadi mitra dari madrasah yang ada di lingkungan masing-masing madrasah binaan, Madrasah Aliyah Al Hikmah 2  dinilai lebih mampu karena lebih unggul dalam hal kompetensi, maka dari itu madrasah pembina memberikan pendampingan terhadap madrasah mitra binaan tidak hanya terkait dengan akademik saja tetapi keunggulan non akademik.(DA/Sua)