Monitoring KUA, Jumlah Nikah Meningkat

Rembang – Tren jumlah peristiwa nikah di KUA mengalami peningkatan pada triwulan pertama 2021. Hal ini terungkap dalam pemantauan di sejumlah KUA yang dilaksanakan oleh Bimas Islam Kemenag Rembang pada Senin-Selasa (5-6 / 4/2021).
Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengatakan, terdapat beberapa kecamatan yang mengalami kenaikan peristiwa nikah. Di seberang Kecamatan Kragan dan Sedan. “Dari pemantauan dua hari kemarin, peristiwa nikah di beberapa kecamatan mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu,” kata Ali Muhyidin saat diwawancara Rabu (7/4/2021).
Ali berbicara, masyarakat akan pandemi sudah menurun dibandingkan tahun lalu. Apalagi sudah ada program vaksinasi dari pemerintah. “Masyarakat mungkin sudah agak bisa mengatasi situasi pandemi ini. Sehingga tidak berlebihan, ”ungkap Ali.
Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan ketika mengadakan resepsi nikah di kediaman atau lokasi tertentu. “Situasi pandemi belum selesai. Kami harap masyarakat tetap waspada, ”tegasnya.

Pembinaan

Pemantauan triwulanan ini digelar di 10 KUA. Adapun 5 KUA lainnya akan diadakan pada Kamis (8/4/2021). Selain mengecek jumlah peristiwa nikah, pemantauan ini juga mengecek antara jumlah buku nikah yang sudah keluar dan yang masih tersedia. “Kami cekap ditetapkan sesuai dengan stok awal,” ujarnya.
Selain pemantauan, juga dilakukan pembinaan kepada Kepala, staf dan Penyuluh Agama Islam PNS / non PNS. Pembinaan dilakukan guna meningkatkan etos kerja di KUA. – iq