Notifikasi Pengembalian Bipih Batal Dapat Diterima Melalui SMS

Semarang (PHU) – Upaya peningkatan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji terus dilakukan, salah satunya adalah peningkatan layanan pengajuan pembatalan haji pada tahun 2021.

“Saat ini telah tersedia layanan notifikasi pembatalan Bipih batal melalui pesan singkat SMS kepada jemaah haji atau ahli waris,” terang Ahmadi selaku Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Senin (12/04).

Dijelaskan di ruang kerjanya bahwa setiap pengajuan pembatalan akan mendapatkan SMS (Short Message Service) yang berasal dari Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) tetapi menunggu konfirmasi dari pihak Bank. Hal ini mempermudah jemaah haji maupun ahli waris dalam mendapatkan info terkait perkembangan proses pengajuan pembatalannya.

“Apabila transfer berhasil, akan mendapat SMS yang berisi data Nama dan Nomor Porsi Bipih yang dibatalkan,” ungkapnya.

“Begitupun apabila terjadi gagal transfer, juga mendapat SMS yang berisikan data Nama dan Nomor Porsi Bipih yang dibatalkan. Lebih jelasnya silahkan menghubungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat,” tambah Ahmadi.

Ahmadi berharap agar adanya sinergi dari semua pihak baik dari pemohon, petugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota maupun pihak Bank. Nomor handphone yang disertakan harus nomor yang benar dan masih aktif karena apabila data nomor handphone yang disampaikan tidak benar otomatis notifikasi tersebut tidak sampai ke tujuan.

“Saya berharap setiap pemohon yang mengajukan pembatalan haji agar dapat mencantumkan nomor handphone yang masih aktif dari jemaah haji atau ahli waris agar dapat dimasukkan pada saat input pembatalan pada aplikasi Siskohat,” ucapnya.(vd/Sua).