Rakernas, Menag Sampaikan Lima Program Penting

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2021 resmi dibuka Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qumas, Senin (05/04/21) secara daring atau virtual yang berlangsung selama 3 hari, 5 s.d 7 April 2021.

Dalam sambutannya Menag menyampaikan lima hal penting yang menjadi catatannya untuk ditindaklanjuti yakni:

pertama, agar perilaku kita mencerminkan bahwa kita itu melayani semua agama, karena kita melayani semua agama maka doanya juga harus dibacakan untuk semua agama. 

Kedua, Mandatory Presiden Jokowi kepada Menag RI agar melaksanakan moderasi beragama. Menjamin Pelaksanaan Program Moderasi Beragama disemua jajaran. 

Ketiga, Tata Kelola Organisasi (Percepatan Transformasi Layanan Publik). Agar layanan publik mengikuti perkembangan zaman, melakukan perubahan secara digital, tidak harus selalu tatap muka, sehingga dapat merespon cepat segala sesuatu yang terjadi di masyarakat. 

Keempat, Pendirian Universitas Islam Siber Indonesia (UISI) Syekh Nurjati Cirebon bentuk Afirmasi guru madrasah, juga jawaban Kementerian Agama yang selalu beradaptasi dengan jaman. 

Dan kelima, Pencanangan Tahun Toleransi Religiosity Indeks (perilaku keagamaan kita akan diukur) untuk memberikan penilaian apa yang telah kita lakukan dan bagaimana penilaian masyarakat terhadap layanan kita kepada masyarakat terkait agama dan keagamaan.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Musta'in Ahmad beserta seluruh Pejabat eselon, para Kabid, Pembimas dan 35 Kepala Kantor Kemenag  Kab/Kota Kementerian Agama mengikuti Rakernas melalui daring yang dipusatkan di The Sunan Hotel Solo.

Musta'in Ahmad berharap Rapat Kerja  Nasional yang bertema “Percepatan Transformasi Layanan Publik” menjadi pemacu dalam meningkatkan soliditas dan tekad Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah untuk mewujudkan Kemenag Jateng Majeng dan dapat mencapai predikat WBK dan WBBM tahun ini. 

“Rakernas ini, sebagai penyemangat dalam mewujudkan layanan Kementerian Agama lebih baik lagi dan sesuai  target tahun ini Kemenag Jateng mampu mencapai predikat WBK WBBM,” ucap Musta'in usai mengikuti pembukaan Rakernas (5/4).