Simkah-WEB Tingkatkan Kualitas Pelayanan KUA

Kota Magelang – Kementerian Agama merupakan kementerian vertikal yang melaksanakan tugas fungsi peningkatan pelayanan pendidikan dan fungsi urusan agama, pada fungsi urusan agama menekankan pada pelayanan yang mengedepankan bersih dan melayani, untuk itu sistem dibangun agar terlaksana dengan tepat sasaran. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Sofia Nur saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis Simkah-WEB. Kamis(8/4).

“Program dibuat untuk dapat dilaksanakan dan mempermudah sistem layanan dan tepat sasaran” kata Sofia Nur.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Simkah-Web atau sistem informasi manajemen nikah berbasis web merupakan aplikasi yang paling sibuk saat ini di Kementerian Agama (Kemenag). Ini bisa dilihat secara realtime penggunaan Simkah-Web baik oleh petugas di KUA Kecamatan maupun masyarakat yang ingin mendaftarkan kehendak nikahnya.

Simkah-Web adalah salah satu bentuk inovasi Ditjen Bimas Islam sebagai bagian dari program Revitalisasi KUA Kecamatan. Keberadaan Simkah-Web juga jadi indikator peningkatan kualitas SDM, perbaikan sarana dan prasarana, serta transparansi layanan.

“Transparansi layanan akan memberikan persepsi masyarakat kepada Kementerian Agama, sehingga peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Agama menjadi positif dan penilaian hasil tingkat kepuasan meningkat.” jelas Sofia.

Bimbingan Teknis ini untuk meningkatkan Mutu Layanan KUA berbasis Simkah-Web, Kompetensi Operator Simkah-WEB, Peningkatan Administrasi  Pencatatan Nikah dan sistem dapat diakses pendaftaran nikah secara online melalui Kemenag.go.id.

Terobosan ini adalah untuk kemudahan sistem yang dibangun Kementerian Agama, semoga dengan sistem ini masyarakat dapat memahami dan dipermudah dalam proses pelaksanaan urusan pernikahan.

Kegiatan dilaksanakan di hotel Trio diikuti oleh 36 peserta dari unsur pegawai Kelurahan se-Kota Magelang, penyuluh fungsional, pegawai KUA Kota Magelang, dan catin (calon pengantin). Turut hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus sebagai Narasumber Kabid Urais dan Binsar yang diwakili oleh Kasi Paham Keagamaan  dan kepustakaan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, dan narasumber kedua Alfa Fauzi operator Simkah-WEB pada seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Ketua panitia sekaligus kepala seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang menyampaikan dalam laporan, kegiatan berdasarkan program Bimas Islam Kementerian Agama RI,  surat keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang tentang penunjukan Panitia, Narasumber, Moderator, dan Peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis Simkah-WEB. Sebagai wujud komitmen pelaksanaan pelayanan maka kontribusi dari pemerintah daerah, utamanya kelurahan menjadi mitra kerja dalam administrasi layanan.

Tujuan kegiatan adalah peningkatan kualitas layanan KUA, mensosialisasikan program kementerian agama untuk dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Harapan kedepan dengan Bintek kali ini menjadi bagian penting untuk kepercayaan masyarakat kualitas pelayanan yang bersih dan melayani untuk Jawa Tengah Majeng. (Wahono)