UM MIN Pekalongan 2021 secara Daring

Kab. Pekalongan – Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) di MIN Pekalongan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret –  8 April 2021, dilakukan secara Daring melalui Google Form.

Sejumlah  mata pelajaran yang  diujikan diantarnya :  Bahasa Indonesia, Pkn, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, SBK, Penjas, Bahasa Arab, Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, SKI, Fiqih, dan BTA. Kegiatan ujian diikuti sebanyak 98 siswa, yang terdiri dari kelas 6A sejumlah 35 siswa, kelas 6B sejumlah 30 siswa, dan kelas 6C sejumlah 33 siswa.

“Ujian Madrasah melaui Daring ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk usaha penceghan penyebaran Covid-19 yang sedang merebak di negara kita. Alhamdulillah atas dukungan partisipasi dari orang tua, siswa dan panitia semua bisa berjalan dengan lancar.” kata Siti Syamsiah selaku Kepala MIN Pekalongan.

Untuk tata tertib UM adalah sebagai berikut: 1) Peserta Ujian harus bergabung ke dalam grup Whatsapp kelas yang dikelola oleh wali kelas masing-masing, dan wajib melengkapi profil Whatsapp dengan nama lengkap; 2) Link ujian akan diinfokan hanya melalui grup Whatsapp tersebut tepat sesuai jadwal; 3) Peserta ujian harus membuka link ujian menggunakan browser google chrome dan harus menggunakan email aktif. Setiap peserta ujian hanya dapat mengerjakan soal 1 kali, dan tidak ada pengerjaan ulang atau perbaikan; 4) Waktu ujian adalah selama 2 jam (120 menit); 5) Peserta wajib membaca dengan teliti instruktur yang ada di dalam form soal; 6) Peserta ujian yang terlambat bergabung dan terlambat membuka soal, maka waktu mengerjakan tetap habis sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dan tidak penambahan waktu; 7) Jika ada siswa yang berhalangan untuk mengikuti UM diharuskan melaporkan ke Panitia sebelum pelaksanaan  UM dimulai dan mendapat izin tertulis dari Panitia.

Dalam pelaksanaannya, alhamdulillah dari hasil pantauan operator,  seluruh peserta ujian siswa MIN Pekalongan sebanyak 98 siswa tersebut dapat mengakses kegiatan ini dengan baik, tanpa kendala yang berati.

“Dalam rangka mensukseskan kegiatan Ujian Madrasah ini, maka kami sudah berinisiatif mensubsidi paket pulsa internet kepada seluruh siswa  tanpa terkecuali.” ujar Siti Syamsiah.

Siti Syamsiah juga berharap. “Semoga bantuan dari madrasah ini akan turut mendukung sukses dan lancarnya pelaksanaan Ujian Madrasah pada tahun ini.  Dan semoga seluruh siswa dapat mngerjakan Ujian Madrasah secara Daring ini dengan lancar, sukses dan hasilnya memuaskan.(Ss/Ant)