Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Dan Hari Santri Nasional MTs Negeri 3 Tegal

Penyerahan penghargaan oleh kepala madrasah Ibu Dra.Hj.Siti Fasikha,MM

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, 12 Rabiulawwal 1443 H bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021. MTs Negeri 3 Tegal menjadikan mauled tahun ini sebagai momentum  untuk menumbuhkan rasa cinta siswa-siswanya dalam memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad  Saw.Guna meramaikan momen peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang juga berdekatan dengan Hari Santri Nasional (HSN), diselenggarakan pula berbagai macam perlombaan, yakni lomba tahfidz, pidato, dan olimpiade pengetahuan bertemakan Maulid Nabi dan HSN.

Kegiatan perlombaan berlangsung hari Selasa  (19/10).“Tujuan kegiatan ini dalah memberikan pemahaman mengenai Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional, sekaligus juga sebagai ajang pencarian bakat siswa-siswi MTs N 3 Tegal di bidang tahfidz dan pidato”. Tutur Endah Sri Prihatin selaku ketua panitia.

Pergelaran puncak dari rangkaian peringatan Maulid Nabi dan HSN dilaksanakan hari Senin  (25/10), bertempat di Lapangan Indoor MTs N 3 Tegal.Acara diawali oleh penampilan dari grup qasidah dan hadroh MTs N 3 Tegal.Dilanjutkan dengan pembacaan tilawatil quran, laporan ketua panitia, sambutan Kepala MTs N 3 Tegal (Dra.Hj. Siti Fasikha, MM.), pemberian hadiah bagi pemenang lomba, sosialisasi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal (Drs. H. Sukarno, MM.), dan ditutup dengan mauidzoh hasanah.

Ka.Kan Kemenag Kab.Tegal Drs,H.Sukarno, MM

Dalam momen peringatan tersebut, Drs. H. Sukarno, MM. memberikan sosialisasi tentang “Moderasi Beragama”. Beliau mengingatkan bahaya radikalisme serta beberapa batasan dalam beragama agar tidak tergolong sebagai tindakan yang radikal.

Ulama Bani Mussofa, S.Ag. didaulat menyampaikan mauidzoh hasanah pada acara ini. “Dalam menjawab salam, coba kita perhatikan lagi apa yang diucapkan. Ini sudah sering dibahas dan harus menjadi perhatian kita semua untuk selalu diingat.Yang benar waalaikumussalam nggih bapak, ibu.Bukan waalaikumssalam.Hati-hati…” ujarnya mengawali ceramah.

Isi mauidzoh hasanah mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw dalam menyebarkan ajaran Islam dan bagaimana memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.Beliau juga menyampaikan salah satu Hadist Riwayat Al-Bukhori yang identik dengan peringatan Maulid Nabi, “Tidak sempurna iman salah seorang di antara kalian, hingga aku lebih ia cintai dari orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia”. Acara yang berlangsung dari pukul 07.00 s.d 12.00 WIB tersebut disaksikan secara virtual oleh siswa melalui siaran langsung di media social resmi MTs N 3 Tegal, seperti facebook, instagram, dan youtube.Secara keseluruhan, acara berjalan lancar dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat. (EPH/MGP)