Antusiasme Siswa Kelas Lima Mi NU 02 Situwangi Dalam Praktek On 2 Numerasi

Banjarnegara – Kelompok Kerja Guru (KKG) Program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ) Kecamatan Rakit materi numerasi dilaksanakan dari tanggal 8 – 13 Desember 2021.

KKG dilaksanakan dalam tiga kegiatan yaitu IN 1, ON 2, dan IN 2. Pada kegiatan awal yaitu IN 1 guru-guru mendapat pelatihan dari Fasilator Daerah (Fasda). Hasil pelatihan tersebut diterapkan dalam praktek mengajar ON 2. Hasil dari praktek mengajar ON 2 sebagai bahan refleksi pada kegiatan akhir yaitu IN 2.

MI NU 02 Situwangi menjadi tempat praktek mengajar ON 2 materi numerasi (10/12). Praktek tersebut dilaksanakan oleh tiga guru yaitu Usiyati Rahayu sebagai guru praktikan, Kuswati sebagai perekam gambar dan Khusosi sebagai pengarah kegiatan. Mereka mempraktekan hasil pelatihan numerasi materi pengukuran pada siswa kelas lima.  

Dalam prakteknya, Usiyati Rahayu mengatakan siswa kelas lima sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan pembelajaran numerasi yang diterapkan inovatif dan menyenangkan. “Anak-anak cepat paham, semangat dan  sampai tidak mau pulang”, ungkapnya.

Fidela Puspa Maya, salah satu siswa kelas lima mengekspresikan antusiasnya. Ia mengatakan sangat senang karena matematika menjadi lebih mudah untuk dipahami bahkan Fidela ingin belajar lagi dengan cara yang sama.

Sementara itu Kepala MI NU 02 Situwangi, Ismangil menerima dengan tangan terbuka kedatangan guru-guru praktek ON 2 tersebut. Dengan adanya kegiatan ini membantu siswa memperoleh pengalaman baru dalam pembelajaran. Ia menambahkan dengan kegiatan praktek ini dapat menjadi terobosan baru bagi guru dalam merancang desain pembelajaran.

“Mudah-mudahan guru MI NU 02 Situwangi juga dapat belajar dari kegiatan ini sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran secara berkesinambunagan demi peningkatan mutu dan kualitas Pendidikan,” pungkasnya. (rw/ak/rf)