Dyah Ayu Juarai Halal Vlog Competition 2021

Semarang – Perjuangan tak akan mengkhianati hasil. Begitulah pada setiap ajang kompetisi yang diikuti Oleh MTs N 2 Kota Semarang menoreh prestasi dikancah Nasional.

Prestasi kali ini diraih pada perhelatan Halal Vlog Competition 2021Kompetisi yang diadakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Oktober 2021. Kompetisi video-vlog bertema ‘Halal itu Apa Sih?’ tersebut diumumkan secara hybrid dari CGV FX Sudirman, Jl Jend Sudirman Jakarta, dan diikuti secara daring oleh ratusan peserta lomba dari berbagai daerah di Indonesia pada Selasa (28/12/2021).

Dalam pengumuman ini, MTsN 2 Kota Semarang yang diwakili oleh Dyah Ayu berhasil meraih juara favorit. Dari 380 video vlog yang masuk lalu melalui proses penjurian dipilih menjadi 50 besar terbaik, lalu diperkecil lagi menjadi 30, lalu 10 besar, dan kemudian dipilih terbaik 1, 2, 3, 4 dan 5 juara.  “Alhamdulillah bisa menjadi juara favorit,” kata Mursyid.

Dyah Ayu menjelaskan, kompetisi ini diikuti dengan penuh perjuangan, kurang lebih satu minggu bekerja keras dengan tim untuk mengikuti lomba vlog halal tersebut, mulai dari konsep video, pengambilan video, editing, evaluasi bersama tim Matsanda dalam pembuatan video. Video ini merupakan hasil kerja tim yaitu Aminah sebagai produser, Dyah Ayu sebagai pembuat ide cerita, kameramen Owen Rahadian dan Miftakhul Mukhlisin, dan olah data Wuri Setyo Prihatiningsih.

Aminah selaku produser mengatakan, pembuatan vlog ini mendapatkan dukungan dari semua guru dan siswa yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lomba. “Dan ini menjadi salah satu alternatif semangat dalam berkompetisi dan membuka wawasan luas dalam memajukan Madrasah tercinta ini,” katanya di Semarang,  Kamis (30/12/2021).

Kepala MTsN 2 Kota Semarang, Alfan menyampaikan syukur dan tidak menyangka Dyah Ayu guru prakarya dari MTs n 2 Kota Semarang dinobatkan sebagai pemenang kompetisi video-vlog bertema “Halal itu Apa Sih?” yang diadakan oleh BPJPH.  Alfan melihat antusiasme peserta dari seluruh Indonesia yang tentu telah mengirimkan ide dan karya yang luar biasa dalam kompeitisi ini. “Kalau BPJPH sendiri tentu tak bisa menjangkau cakupan yang sangat luas. Bahkan sebenarnya halal ini sudah menjadi trend global di seluruh dunia,” ujarnya.

Gaya hidup

Dyah mengatakan, Ketika melihat tema yang begitu menarik tentang “Halal itu apa sih?” membuat diri semakin penasaran untuk mempelajari lebih lanjut yang ternyata konsep halal begitu luas.

“Selama ini kami hanya mengetahui bahwa halal sebatas hal yang wajib bagi umat muslim saja, nyatanya lebih dari itu. Segala hal yang dilakukan dan kita kenakan maupun yang kita konsumsi  harus melekat pada gaya hidup halal. Dengan tingginya rasa ingin tahu dan adanya dukungan dari orang-orang sekitar baik keluarga maupun rekan MTs N 2 Kota Semarang semakin menambah semangat untuk menuangkan karya sekaligus belajar lebih dalam.  Sehingga dapat terselesaikan video-vlog yang bertema “Yakin sudah halal,” tambah Dyah Ayu. –Iq/bd