Kepala Kankemenag Kota Magelang Kukuhkan Pengurus Pokjaluh Baru

Kota Magelang – Kepala Kankemenag Kota Magelang kukuhkan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) masa bakti tahun 2021-2024. Pengukuhan Pokjaluh dihadiri oleh pejabat internal dan juga seluruh ASN Kankemenag Kota Magelang di Aula Kantor Jl. Uripsumoharjo 106 Wates Magelang Utara Kota Magelang, Kamis (2/12).

Dalam pembinaannya Kepala Kankemenag Kota Magelang selain mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang telah berakhir masa baktinya, juga memberikan ucapan selamat dan motivasi kepada pengurus pokjaluh yang baru dikukuhkan. “Penyuluh harus menjadi garda terdepan dalam penerangan agama di masyarakat, dan para penyuluh harus memperkaya diri dengan ilmu. Selain itu Penyuluh hendaknya juga berupaya memantaskan diri menjadi uswatun hasanah bagi lingkungannya,” kata Sofia Nur.

“Pokjaluh harus mampu menjalin koordinasi yang baik dengan para pemangku kepentingan dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat. Disamping itu, Pokjaluh juga harus menggagas ide-ide baru, kreatif dan inovatif serta mampu memanfaatkan media sosial untuk berdakwah,” tegas Sofia.

Disela-sela kegiatan pengukuhannya ketua Pokjaluh baru meminta kepada rekan-rekan sejawatnya untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas yang selama ini telah terbangun dengan baik. Menghadapi tugas dan tantangan di bidang kepenyuluhan kedepan, setiap penyuluh harus memiliki komitmen untuk selalu meningkatkan kompetensinya agar bisa melalui berbagai hambatan dan dinamika yang terjadi lapangan,” ucap Shanti Maharanti.

Diamping itu tugas dan fungsi kepenyuluhan yang sudah dilaksanakan, penyuluh dituntut mmpu untuk menjadi agen moderasi beragama. Moderasi Beragama merupakan program pemerintah melelaui kementerian agama yang harus kita dukung agar sukses,” ujarnya kemudian.  

Harapannya, dengan penyegaran kepengurusan Pokjaluh yang baru dapat memunculkan ide-ide segar, kreatifitas dan inovasi dalam optomalisasi kualitas kinerja penyuluh agama Islam di Kankemenag Kota Magelang. (Hari).