LHB Dalam Bentuk File PDF

Kab. Pekalongan – Sabtu, 18 Desember 2021 merupakan hari terakhir berlangsungnya seluruh pembelajaran semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Pada hari ini, peserta didik MTsN 2 Pekalongan, seluruhnya, mulai dari kelas 7, 8 dan 9 menerima Laporan Hasil Belajarnya selama 1 semester. (Sabtu, 18/12/2021)

LHB dibagikan oleh para wali kelas secara online. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kerumunan massa di madrasah mengingat masih dalam masa pandemi covid-19. Para siswa di rumah masing-masing menerima LHB dalam bentuk file PDF yang dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp oleh wali kelasnya. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 8.00 WIB sampai dengan selesai.

LHB yang diterima peserta didik berisi hasil belajar mereka meliputi nilai pengetahuan, nilai ketrampilan, nilai sikap, lengkap beserta keterangan kompetensi dasar yang dicapai, hingga rekap kehadiran selama 1 semester. Nilai-nilai tersebut merupakan gambaran kemampuan mereka dalam menyerap materi yang diajarkan oleh para guru mata pelajaran. Mereka dinyatakan tuntas belajar apabila mendapatkan nilai sesuai atau di atas KKM, yakni 70. Nilai pengetahuan yang mereka dapatkan adalah gabungan dari nilai penilaian harian dan penilaian akhir semester dengan bobot 60% PH dan 40% PAS. sementara, untuk nilai sikap diolah oleh guru BK.

Kegiatan pengolahan nilai telah dilakukan sebelumnya oleh para guru mata pelajaran selama kurang lebih 1 pekan menggunakan Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) yang bisa diakses secara online. Setelah nilai dari guru mapel lengkap, wali kelas mulai merekap dan mengolah data-data penunjang lain seperti rekap kehadiran, nilai ekstrakurikuler, catatan wali kelas, hingga pengesahan oleh kepala madrasah.

 “Alhamdulillah, dalam waktu yang terbatas, dan aplikasi RDM yang kadang-kadang susah dibuka karena terkendala sinyal, para guru mapel dan wali kelas dapat menyelesaikan kegiatan pengolahan nilai. Puncaknya, rapor bisa dibagikan secara online pada pagi ini.”ungkap Tuti Susilawati selaku waka Kurikulum.

Imam Sayekti, S.Pd., M.Si. M.Pmat selaku kepala madrasah juga mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya kegiatan pembelajaran selama 1 semester ini. Ia juga memberikan apresiasi kepada para guru dan wali kelas yang telah bekerja keras menyelesaikan rangkaian kegiatan pengolahan nilai dan penyerahan LHB.

“Luar biasa perjuangan dari rekan-rekan guru serta wali kelas, sehingga rapor bisa dibagikan secara online kepada seluruh siswa. Kita semua berharap, di semester berikutnya, semangat belajar maupun semangat mengajar akan semakin meningkat dalam rangka mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. Sudah tentu, ini menjadi tugas kita bersama. Oleh karena itu, saya berpesan kepada para guru untuk tetap ikhlas dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam membimbing siswa menjadi pribadi yang cerdas berkarakter. Jangan lupa, berikanlah keteladanan yang baik bagi mereka.”pesannya di akhir semester gasal ini. (Why/Ant/bd).