LPTQ Pati Terima Kunjungan LPTQ Kab. Semarang

Pati – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Semarang melakukan study banding pembinaan di LPTQ Kabupaten Pati pada Sabtu (4/12/2021).  

Setelah seremonial acara pembukaan di aula kantor Kemenag Pati, rombongan yang terdiri dari 10 orang pengurus LPTQ Kabupaten Semarang dipimpin oleh Ketua I Khabib Sholeh yang merupakan Kabag Kesra Pemda Kabupaten Semarang, dan Kasi Bimas Islam Kemenag Kab. Semarang, Muhtadi selaku sekretaris LPTQ Kab. Semarang, kemudian diajak untuk mengunjungi Pondok Pesantren Al Furqon yang berada di desa Langenharjo Kecamatan Margorejo Kab. Pati untuk melakukan dialog bersama terkait Pembinaan LPTQ.  

Khabib Sholeh saat dikonfirmasi mengatakan, adapun maksud dan tujuan kegiatan study banding tersebut dengan harapan dapat memperoleh serta menambah wawasan, pengalaman dan pelajaran apa yang telah dilakukan oleh LPTQ Kabupaten Pati atas prestasi prestasinya di tingkat nasional.

‘’Saya selaku Ketua LPTQ Kabupaten Semarang, pada prinsipnya membawa pengurus belajar dan kami juga sambil belajar dalam pengelolaan pembinaan yang baik itu sebenarnya seperti apa. Tadi juga kita secara bersama-sama sudah mendengarkan pemaparan dari Kepala Kemenag Kab. Pati, mudah-mudahan sedikit banyak ada hal-hal yang bisa kita sambut dan terapkan. Khususnya dalam pembinaan-pembinaan yang mereka laksanakan sampai saat ini,’’ ungkapnya.

Bahkan, tambah Sholeh, Dia dan Kemenag Kab. Semarang telah mencanangkan untuk tahun berikutnya kafilah MTQ dari Kabupaten Semarang harus diisi oleh putra-putri asli kabupaten.

‘’Inilah yang kita kejar dan target daripada adek-adek kita yang ada di wilayah Kabupaten Semarang,’’ pintanya.

Kepala Kankemenag Kab. Pati, Ali Arifin dalam sambutannya mengatakan, LPTQ Kab. Pati aktif dan bersinergi dengan semua pihak, baik LPTQ, Kemenag, Pemkab, KUA dan para pelatih. “Semua pihak Alhamdulillah bisa mengambil peran demi kemajuan LPTQ dan generasi muda yang concern di bidang Alquran di Kabupaten Pati,” tutur Ali  Arifin.

Sementara saat berada di pondok pesantren Al Furqon, Kasubag Bina Mental Spiritual Kesra Pemda Kab. Pati, Thohar Rosyadi mengatakan, pihaknya telah mendorong penguatan LPTQ dengan memberikan anggaran pelaksanaan MTQ, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga nasional. “Bukan hanya kegiatan MTQ, kegiatan keagamaan lainnya juga kita dukung dengan anggaran,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pimpinan ponpes Al Furqon yang juga ketua ikatan persaudaraan qori’-qori’ah dan hafidz-hafidzah (IPQOH) Kab. Pati, Nur Faqih Fanani menjelaskan bahwa pembinaan yang diterapkan LPTQ Kab. Pati terhadap pembinaan kafilahnya, salah satunya dengan mengalokasikan anggaran berapapun jumlahnya, namun hasilnya besar dan berprestasi di kancah MTQ tingkat Nasional maupun Internasional.

Study banding ini diakhiri dengan bersama sama mendengarkan salah satu santri membacakan ayat suci Al-Qur’an dengan suara yang sangat merdu, dilanjutkan ramah tamah dan foto bersama. Tampak terlihat keakraban dari kedua belah pihak dalam perbincangan mereka, saling sharing tentang pengelolaan dan pembinaan LPTQ masing-masing. (at)