MIN 1 Temanggung Laksanakan Penilaian Akhir Semester Gasal

Temanggung – MIN 1 Temanggung melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 tanggal 1 sampai dengan 8 Desember 2021 yang diikuti oleh semua siswa madrasah dari kelas 1 sampai kelas 6 secara tatap muka (offline).

Ketua panitia PAS Gasal Tahun Pelajaran 2021 / 2022, Siti Maria mengatakan bahwa, “kegiatan penilaian ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Anak-anak dan bapak ibu guru yang mengikuti kegiatan ini semua harus mematuhinya. Sejak kedatangan dicek suhu oleh panitia bagian cek suhu, selanjutnya di dalam kelas anak-anak dan bapak ibu guru harus memakai masker dan ketika akan pulang di cek suhu lagi,”

Kepala MIN 1 Temanggung, Muh Junaidi menyampaikan bahwa kegiatan PAS ini bertujuan untuk melihat hasil dari proses pembelajaran selama satu semester gasal yang telah dilaksanakan.

“Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil adalah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester ganjil. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut,” katanya.

Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk pengisian rapor. Lebih lanjut disampaikan untuk menjaga terjadinya kerumunan ketika pengantaran siswa maka dalam rapat koordinasi disepakati bahwa kelas kecil ( kelas 1, 2 dan 3) masuk jam 07.00, sedangkan kelas besar ( kelas 4, 5 dan 6 ) mulai pelaksanaan penilaian jam 08.00, begitu pula ketika kepulangan juga diatur sedemikian rupa sehingga bisa dihindari kerumunan dalam penjemputan

Beliau  menyampaikan semoga siswa-siswi MIN 1 Temanggung dapat mengikuti PAS dengan baik dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan “Harapan dari pihak madrasah, meskipun di dalam masa Pandemi Covid-19 ini, semoga pelaksanaan PAS bisa berjalan lancar dan sesuai harapan,“ pungkasnya.(fat/rf)