Monitoring Malam Natal, Fatchur Rochman Berharap Aman dan Kondusif

Purworejo – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Fatchur Rochman, tampak hadir bersama Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Kapolres AKBP Fahrurrozi, Dandim 07/08 Letkol Muchlis Gasim, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudhi, serta Ketua FKUB Khabib Soleh dalam acara Monitoring Malam Natal Tahun 2021 Kabupaten Purworejo, Jumat (24/12/2021).

Kakankemenag yang didampingi oleh Penyelenggara Katolik, Stanislaus Zeno Taroreh, bersama rombongan bertolak dari Pendopo Bupati pukul 20.00 WIB untuk melakukan monitoring ke sejumlah lokasi. Di Gereja Paroki Santa Perawan Maria, rombongan disambut baik oleh Romo Herman Josep Siwu Wuwur beserta umat yang telah selesai melaksanakan Misa. Kepada Romo yang juga merupakan Kepala Paroki Purworejo itu, Fatchur Rochman menyampaikan harapannya. “Semoga perayaan Natal tahun ini berjalan dengan lancar, kondusif, dan aman. Sehingga umat Nasrani bisa khusuk dalam merayakannya,” ujarnya. Setelahnya, rombongan beralih ke Posko Terpadu Dadirejo serta stasiun Kutoarjo guna memantau arus mudik perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kemudian berakhir di Gereja Santo Yohanes Rasul Kutoarjo.

Berdasar pantauan, perayaan Misa malam Natal di sejumlah tempat di Purworejo berjalan khidmat. Para jemaat memadati gereja yang dijaga petugas dari TNI dan kepolisian yang dibantu oleh pramuka serta organisasi masyarakat. “Toleransi umat beragama dan moderasi beragama saat ini menjadi perhatian bagi Kementerian Agama. Oleh karenanya kami mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keharmonisan dalam beragama dan menjaga kondusivitas di Kabupaten Purworejo yang kita cintai ini,” pungkas Fatchur Rochman. (rvp/sgy/bd)