MTs N 1 Banjarnegara Akhiri Semester Ganjil dengan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah

Banjarnegara – Jumat, (31/12/21) dengan menutup tahun pelajaran 2020/2021 di semester ganjil, MTs N 1 Banjarnegara menggelar PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah). Bertempat di ruang kelas IXD kegiatan itu juga dihadiri oleh ibu pengawas Madrasah Laila Nur Isnaini.

Perlu diketahui, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah. Hal itu merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Adapun MTs N 1 Banjarnegara merupakan salah satu madrasah yang berinovasi melaksanakan penyelenggaraan Madrasah Riset, Tahfidz, dan juga Kelas Menulis, maupun Kelas Regular.

Kepala Madrasah, Eko Widodo menyampaikan bahwa segala berkas atau dokumen yang sudah dipersiapkan untuk penilaian ini telah dipersiapkan dengan baik.

“Ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik. Hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan madrasah, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi,” ujarnya

Lebih lanjut, Laila Nur Isnaini, pengawasas MTs/MA juga menyampaikan tentang Instrumen Akreditasi yang mengacu kepada SNP dan EDM.

“Mengacu pada SNP dan EDM atau lebih sederhana dengan sebutan 5 Budaya Mutu yang diawali dengan Kedisiplinan Warga Madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan, Penyiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Penyediaan Sarana Pembelajaran dan Penggunaannya, serta Penyusunan dan Pengelolaan Anggaran,” jelasnya. (ran/ak/rf)