Peringati HAB ke 76, Kankemenag Kab. Wonosobo Ziarah Makam Pendahulu

Wonosobo – Kiprah Pendahulu Pegawai Kankemeng Kab. Wonosobo dalam mendedikasikan diri semasa hidupnya untuk mengabdi melayani masyarakat hingga akhir hayat, pantas untuk terus dikenang dan diteladani. Hal itulah yang menggerakkan banyak orang lantas singgah melakukan ziarah kubur ditempat peristirahatan terakhirnya untuk mengirimkan doa.

Hal tersebut juga dilakukan oleh sejumlah ASN Kankemenag Kab. Wonosobo, yang melakukan ziarah kubur ke beberapa makam pendahulu pegawai Kankemenag Kab. Wonosobo selama dua hari berturut-turut yakni, Rabu-Kamis, 22-24, Desember 2021.

Ziarah ke Makam pendahulu merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-76, yang puncak nya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2022 mendatang.

“Ini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan setiap tahun yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HAB Kemenag,” kata Farid selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo.

Selain untuk mengenang jasa pendahulu, (lanjut Farid), kegiatan tersebut sekaligus merupakan perjalanan religi untuk meningkatkan ketakwaan bagi yang masih diberikan kesempatan hidup. “Ziarah kubur bukan hanya sekedar ritual keagamaan. Lebih dari itu banyak hal yang bisa diambil pelajaran berharga,” imbuh Farid.

Ia juga menjelaskan, bahwa tokoh-tokoh yang diziarahi bukan sembarang orang, tapi mereka yang memiliki sumbangsih yang besar terhadap perjalanan bangsa dan agama terlebih di lingkup Kankemenag Kab. Wonosobo.

Adapun makam yang dilakukan ziarah kubur dalam rangkaian HAB Kemenag ke 76 yakni makam KH. Muntaha, Alh yang merupakan pendiri UNSIQ dan Ponpes Al Asyariah Kalibeber Wonosobo, makam KH, Misbah, makam H. Solihin, makam H. Suparyo, dan makam H. Ahmad Syakur serta H. Syarif Hidayat, tokoh pendahulu pegawai Kankemenag Kab. Wonosobo.(ps-ws/Sua)