PHU Adakan Rapat Persiapan Peresmian Gedung PLHUT Tahun 2021

Tampak Kasi PHU Kankemenag Kabupaten Jepara, Hastuti Harijati saat memberikan usulan terkait rencana peresmian Gedung PLHUT di Jawa Tengah Tahun 2021 via daring.

Semarang (PHU) – Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Peresmian Gedung PLHUT (Pusat layanan Haji dan Umrah Terpadu) Tahun Anggaran 2021 secara virtual via zoom meeting.

“Tujuan pembangunan gedung PLHUT yaitu dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi calon jemaah haji dalam proses penyelenggaraan ibadah haji,” jelas Ahyani selaku Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kamis (02/12).

“Kita berharap setelah selesainya pembangunan Gedung PLHUT ini segera dapat kita manfaatkan dalam rangka meningkatkan layanan kita kepada duyufurohman yang akan melaksanakan ibadah haji dan ini sebagai goal-nya,” tegasnya.

Ahyani juga menekankan bahwa proyek pembangunan ini merupakan program unggulan dari Kementerian Agama dalam memberikan peningkatan layanan kepada jemaah haji.

“Pembangunan ini merupakan bagian dari proses bagaimana Kementerian Agama dalam rangka memberikan layanan sebaik-baiknya kepada calon jemaah haji sesuai dengan amanat Undang-Undang,” katanya.

Kepala Seksi Transportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler pada Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Syafiq, saat memimpin rapat juga menanyakan satu-persatu bagaimana progress pembangunan Gedung PLHUT di masing-masing lokasi dan kesiapan dalam peresmian gedung PLHUT di Jawa Tengah.

Syafiq juga meminta agar seluruh panitia yang terlibat nantinya agar selalu aktif dan berkoordinasi dengan daerah yang lain. Berdasarkan hasil kesepakatan antara Kepala Seksi PHU atau yang mewakili dari Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Jepara, Kabupaten Batang, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Blora diambil kesepakatan rencana pelaksanaan kegiatan peresmian akan diselenggarakan di gedung PLHUT Kankemenag Kabupaten Wonogiri.

“Sebagai pertimbangan lokasi dan jarak tempuh gedung PLHUT di Kankemenag Kabupaten Wonogiri yang strategis, kita sepakati peresmian gedung PLHUT di Jawa Tengah tahun ini kita adakan di Kabupaten Wonogiri,” ujar Syafiq.

“Mengenai tanggal dan waktu pelaksanaan kegiatan, kita menunggu perkembangan kepastian jadwal dari pusat,” imbuhnya.

Syafiq juga berharap agar Kabupaten Wonogiri dapat belajar dari Kabupaten Sragen mengenai gambaran pelaksanaan kegiatan peresmian gedung PLHUT tahun kemarin. Dimana tahun kemarin persemian gedung PLHUT di Jawa Tengah dipusatkan di Kabupaten Sragen.

“Hadir hari ini dari Kankemenag Sragen, mungkin Pak Ulin dapat menjelaskan bagaimana gambaran dari peresmian gedung PLHUT tahun kemarin,” pungkas Syafiq. (vd/Sua).