Rakor KKG PAI Kota Semarang

Semarang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah menghadiri rapat koordinasi Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kota Semarang pada Rabu (29/12/2021) di SDN Pendrikan Lor 3, Jl. Indraprasta Kota Semarang.

Rapat ini dihadiri oleh Guru PAI se-Kota Semarang, baik TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Hadir dalam rakor ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah.

Pengawas PAI Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Sadi mengatakan, rapat ini sebagai ajang koordinasi antar guru PAI dari berbagai jenjang. Mulai dari TK hingga SMA/SMK. “Kita satukan dan perkuat lagi visi dan misi GPAI TK, KKG PAI SD, MGMP PAI SMA, dan MGMP PAI SMK,” kata Sadi ketika diwawancara Rabu (29/12/2021) usai acara.

Rapat ini juga membahas tentang penguatan moderasi beragama di lembaga pendidikan sekolah umum. Sebagaimaa diketahui, guru PAI memiliki fungsi dan peran yang kuat dan menjadi duta moderasi beragama di sekolah umum.

“Kita bersama-sama menyukseskan membangun moderasi beragama kepada peserta didik di sekolah umum,” kata Sadi.

Kakankemenag juga menyampaikan pentingnya pengembangan moderasi di sekolah. Kakankemenag meminta guru PAI untuk melakukan pendampingan kepada peserta didik dalam mempelajari PAI yang cenderung bebas di internet. “Berkembangannya teknologi menjadikan wacana beraama kian bebas di internet. Dalam hal ini, guru PAI harus bisa mendapingi dan mengarahkan siswanya masing-masing. Tentunya dengan memberikan pemahaman moderasi beragama, sehingga siswa tidak tergerus oleh arus ajaran Islam yang liberal atau  intoleran,” kata Kakankemenag. — iq/bd