Songsong HAB Kemenag ke-76, Kemenag Pati Gelar 1000 Khotmil Qur’an

Songsong HAB Kemenag ke-76, Kemenag Pati Gelar 1000 Khotmil Qur’an

Pati – Dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI Ke-76, jajaran kantor Kemenag Kabupaten Pati mengadakan rangkaian kegiatan, salah satunya Khotmil Qur’an yang dilaksanakan di satuan kerja masing-masing pada Jum’at (31/12/2021) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat dan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.

Jika biasanya khotmil qur’an ramai didatangi ASN perwakilan dari beberapa penyuluh agama, satker dan KUA, namun dikarenakan masih pandemi, kali ini khotmil qur’an dilakukan secara virtual dan hanya menghadirkan pegawai dari lingkup Kemenag Pati.

Sebanyak 1000 khotmil Qur’an dilaksanakan oleh hampir 300an lembaga di lingkungan Kemenag Pati dimulai sejak pagi hingga siang di lembaga/rumah masing-masing, dan diikuti secara langsung via link Zoom Meeting yang sudah dishare sebelum acara.

Kegiatan diawali dengan membaca Umul Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kemenag Pati Ali Arifin yang yang menegaskan bahwa Kemenag sebagai lembaga yang menaungi semua agama, untuk itu kita harus dapat membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul, toleran, saling bantu, meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam mengabdi kepada negara.

Hal ini dilakukan karena ingin selalu berevaluasi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar di hari jadi Kemenag RI ke-76 ini Allah senantiasa memberikan berkah yang melimpah kepada warga Kemenag RI.

“Semoga dengan acara khotmil Qu’an kita semua mendapatkan keberkahan dan bisa menjadikan Kementerian Agama mampu mengemban amanah umat,” ujarnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh Pegawai Kemenag Pati untuk merefleksi diri dalam meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, memperkuat moderasi dan kerukunan beragama, meningkatkan layanan keagamaan, layanan pendidikan, produktifitas dan daya saing pendidikan,  memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai yang tercantum dalam visi dan misi Kementerian Agama.

Senada dengan Ali, Kasi PHU Abdul Hamid yang didapuk sebagai koordinator seksi kegiatan Qotmil Qur’an pada laporannya menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk menjadikan penyemangat bagi keluarga besar Kemenag, sebab al-Qur’an tidak hanya memberikan man’faat di dunia tetapi juga di Akhirat.

“semoga kita di usia yang ke 76 tahun ini mampu mensejajarkan dengan lembaga atau kementerian yang lain bahkan lebih unggul,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan khataman Qur’an juz 1-30 secara bersama-sama diakhiri dengan doa khotmil Qur’an yang membuat suasana semakin syahdu dan haru. (at/bd)