Sportif ala Santri pada Ajang Pospeda 2021 Sukoharjo

Sukoharjo – Kankemenag Kabupaten Sukoharjo melalui Seksi PD Pontren menggandeng Dinas Kepemudaan dan Olah raga (Dispora) Kabupaten Sukoharjo menggelar Pekan Olah raga dan Seni Daerah (Pospeda) tahun 2021 yang melibatkan santriwan dan santriwati yang nyantri di Pesantren se-Kabupaten Sukoharjo.

Pembukaan Pospeda itu sendiri digelar di Lapangan futsal Puma yang beralamat di Carikan Sukoharjo oleh Kepala Dinas Dispora Kabupaten Sukoharjo Setyo Aji Nugroho didampingi oleh Kasi PD Pontren Kankemenag, Ketua FKPP, para Ustadz dan santriwan-santriwati peserta lomba, Kamis (23/12).

“Karena bidang yang dilombakan adalah olah raga, sedangkan peserta lombanya adalah para santri yang ada di pesantren di wilayah Suukoharjo maka kami merasa kerjasama ini sesuai dengan tupoksi dan kewenangan kami masing-masing terlebih PD Pontren Kankemenag lah yang membidangi pesantren di Sukoharjo ini” jelas Drs. Marwan, MM. Kepala Bidang Dispora Kabupaten Sukoharjo.

Lebih jauh pihaknya menerangkan, keterlibatan Dispora dalam Pospeda kali ini juga dikarenakan anggaran yang seharusnya untuk menggelar Pospeda tahun 2020 tidak dapat terserap akibat terdampak pandemi Covid-19.  “Karena keadaan Covid-19 maka Dispora Tahun 2020 tidak bisa mengadakan kegiatan tersebut, agar anggaran terserap pada Tahun 2021 maka Dispora mengadakan kegiatan Pospeda Tingkat Kabupaten Sukoharjo ini ” pungkas Marwan. Ia menambahkan, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo akan melanjutkan kerjasama serupa ditahun berikutnya jika kegiatan ini dinilai sukses dilaksanakan.

Hal senada juga dikatakan oleh Abdul Rahman Kasi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Sukoharjo. Dikatakannya, kegiatan ini selain untuk menjaring benih-benih unggul yang berprestasi di bidang olah raga sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar pondok pesantren  di Sukoharjo. “Kerja sama ini akan berlanjut sehingga diharapkan dapat saling memberikan manfaat terhadap pesantren” kata Abdul Rahman, “agar anak-anak pesantren tambah sehat dan menambah silaturahmi antar pesantren dengan menghasilkan prestasi dibidang olah raga” tambahnya lagi.

Terkait pelaksanaan lomba, Abdul Rahman sendiri merasa takjub dan berbangga dengan ketangkasan dan semngat para santri yang all out dalam bertanding namun tetap sportif dan berakhlak, “saya tidak menyangka bahkan ketika bertanding seolah mereka bukanlah santri yang dalam kesehariannya terlihat kalem” jelas Abdul Rahman penuh semangat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Lasimin, salah seorang staf PD Pontren yang ikut mengawasi jalannya pertandingan dari awal hingga akhir. “ Santri-santri itu bertanding penuh semangat dan sangat sportif jika terjadi pelanggaran mereka langsung bersalaman khas santri, hebat!” kata lasimin tersenyum bangga seraya mengacungkan jempolnya.

Adapun daftar nama yang berhasil menjdi juara pada Pospeda 2021 kali ini beserta asal Pondok Pesantrennya berturut-turut adalah sebagai berikut ;

A. Cabang Bulu Tangkis Putra Tunggal

  1. Rozaky YW dari PP Roudhitul Jannah
  2. Ahmad Fatir A dari PP Imam Syuhodo
  3. Davin Imam, dari PP Asyifa
  4. MUH Faizzaturrohman, dari PP Imam Syuhodo

B. Cabang Bulu Tangkis Putri Tunggal

 1. Kirana GYH, PP ADBS

2. Zulfa MR PP Barokah

3. Zahro A PP Al Barokah

4.  Kharira PU, PP Al Barokah

C. Cabang Futsal :

  1. Juara 1 PP. Assalam
  2. Juara 2 PP. Ukhuwah
  3. Juara 3 PP. Ulul Albab
  4. Juara 4 PP.Baitul Hikmah

(las/djp/rf)