Sukseskan Sertifikasi Halal, Kankemenag Kota Magelang Ikuti Webinar Rakor Pendampingan Proses Produk Halal

Kota Magelang – Dalam rangka pelaksanaan program fasilitasi sertifikasi halal gratis (SEHATI)dengan pernyataan pelaku usaha (Self declare) yang memiliki target 15.000 sertifikat halal, BPJPH bersama Dirjen Bimas Islam dan Dirjen Pendis menandatangani pernyataan bersama kemitraan tentang Pendampingan Proses Produk Halal Tahun 2021.

BPJPH menetapkan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal yang terdiri dari 7 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berstatus BLU yang berada di wilayah Jawa dan Pendamping Proses Produk Halal yang berasal dari Penyuluh Agama Islam Non PNS sebanyak 1.358 orang. Selain itu, BPJPH juga menetapkan 2 Lembaga Pendamping Proses Produk Halal beserta pendamping Proses Produk Halal yang berasal dari organisasi kemasyarakatan Islam yang berbadan hukum.

Disela-sela mengikuti zoom meeting Rapat Kordinasi Pemangku Kepentingan Pendampingan Proses Produk Halal yang diselenggarakan oleh kementerian agama pusat, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kota Magelang menjelaskan bahwa Tim Advance SEHATI terdiri dari 7 perguruaan tinggi Islam negeri yaitu Syarif Hidayatullah Jakarta, Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Sunan Gunung Djati Bandung, Walisongo Semarang, Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sunan Ampel Surabaya dan  Maulana Malik Ibrahim Malang,” jelas Abdul Haris Tri Kusuma Edi.

“Permintaan akan produk bersertifikat halal di pasar non-Muslim juga meningkat secara bertahap. Peningkatan ini karena konsumen non-Muslim menyadari pentingnya sertifikasi halal untuk produk mereka sebagai bagian dari tren makan sehat dan aman dikonsumsi dibandingkan dengan produk non-halal. Selain itu, industri halal telah merambah di luar sektor makanan meliputi minuman, farmasi, fashion, kosmetik, produk kesehatan, perlengkapan mandi dan alat kesehatan, serta komponen sektor jasa seperti logistik, pemasaran, media cetak dan elektronik dan masih banyak lainnya.,” ujarnya kemudian.

Hari ini jajaran Kankemenag Kota Magelang yang terdiri dari para kepala seksi, penyuluh agama Islam dan penyelenggara zakat dan wakaf di Aula Kantor sejak pukul 08.00 WIB hingga usai mengikuti webinar Rapat Koordinasi Pemangku Kepentingan Pendampingan Proses Produk Halal. Webinar  yang diselenggarakan melalui zoom meeting oleh Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH tersebut memberikan pencerahan dan solusi mengenai program optimalisasi produk halal, Jum’at (3/12). (Hari).